Andalusia Institute lembaga kajian untuk membangun Kepri

id andalusia institute,kajian pembangunan ,kepulauan riau,kepri

Andalusia Institute lembaga kajian untuk membangun Kepri

Pendiri Andalusia Institute, Abdurrahman (tiga dari kiri) berfoto bersama tokoh-tokoh Islam di Kota Batam.(Antaranews Kepri/Dokumen Andalusia Institute)

Peran Islam sejak awal berdirinya negara Indonesia ini sangat signifikan
Batam (Antaranews Kepri) - Lembaga kajian dan riset Andalusia Institute melakukan diskusi bersama tokoh-tokoh Islam di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau untuk memberikan masukan dalam pembangunan provinsi tersebut.

"Andalusia Institute adalah lembaga kajian dan riset yang kami dedikasikan untuk menjadi sarana diskusi, kajian dan menyatukan gerakan Islam dalam pembangunan peradaban di Provinsi Kepri," kata founder Andalusia Institute, Abdurrahman Lc, di Batam, Senin.

Abdurrahman mengatakan, diskusi yang dilakukan pertama kali oleh Andalusia Institute adalah mengenai kajian gerakan Islam pada Minggu (26/8).

"Itu debut pertama diskusi rutin yang akan kita lakukan dan diharapkan diskusi-diskusi itu bisa menghadirkan narasi-narasi besar yang menjadi solusi ditengah-tengah masyarakat Kepri," ujar Abdurrahman.

Dalam kajian tersebut, Andalusia Institute menghadirkan pengamat gerakan Islam yang juga penulis sejumlah buku mengenai dunia Islam, Nandang Burhanudin. 

Ketua MUI Kota Batam, Usman Ahmad yang hadir pada diskusi tersebut mengharapkan kehadiran Andalusia Institute bisa menjadi wujud dan peran umat Islam dalam kancah kebangsaan. 

"Peran Islam sejak awal berdirinya negara Indonesia ini sangat signifikan," kata Usman. 

Pada pembahasan masa depan gerakan Islam yang dipaparkan Nandang Burhanudin, adalah telaah kritis kiprah gerakan islam di berbagai belahan dunia di negara demokrasi. 
 
"Umat Islam Indonesia harus sudah selesai dengan penerimaan NKRI karena itu juga merupakan mosi integral dari Perdana Menteri Muhamad Natsir yang merupakan tokoh utama Masyumi," kata Nandang. 

Umat Islam, lanjut Nandang, harus membuktikan bahwa Islam bisa menjadi solusi persoalan kebangsaan. 

Nandang mengatakan banyak yang perlu dibenahi gerakan Islam agar membumikan dan memakmurkan negeri-negeri Islam. 

"Untuk memiliki dukungan yang kuat gerakan Islam ataupun partai Islam mesti berfokus pada kalimatus sawa (interest yang sama) dari masyarakat sekitarnya" papar Nandang.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE