KPU Kepri deklarasi pemilu damai

id deklarasi pemilu damai

KPU Kepri deklarasi pemilu damai

Deklarasi pemilu damai di Kepulauan Riau. (ANTARA News Kepri/Dok Humas Polda Kepri)

Karena itu, kata dia deklarasi tersebut tidak hanya diikuti aparat penegak hukum, TNI, dan pemerintah, melainkan peserta Pemilu 2019.
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kepulauan Riau menyelenggarakan Deklarasi Pemilu Damai di Lapangan Pamedan Tanjungpinang, Minggu (23/9).

Ketua KPU Kepri Sriwati mengatakan Deklarasi Pemilu Damai sebagai bentuk komitmen bersama untuk menjaga stabilitas daerah selama pelaksanaan tahapan pesta demokrasi.

Karena itu, kata dia deklarasi tersebut tidak hanya diikuti aparat penegak hukum, TNI, dan pemerintah, melainkan peserta Pemilu 2019.

"Kami yakin semua pihak menginginkan pemilu terlaksana secara maksimal, membuahkan hasil yang baik untuk daerah dan masyarakat," ujarnya.

Sriwati mengharapkan tahapan kampanye yang mulai dilaksanakan hari ini hingga 13 April 2019 dapat dimanfaatkan peserta pemilu untuk menyosialisasikan visi misi partai. Kampanye harus memberi dampak positif bagi masyarakat, terutama mengenal lebih mendalam masing-masing peserta pemilu.

"Kampanye dengan mengedepankan politik santun, dan mendidik masyarakat jauh akan lebih baik," ucapnya.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Kepri, Indrawan, mengatakan pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai membuahkan semangat bersama untuk menciptakan pemilu yang kondusif dan dapat dipertanggungjawabkan.

Perbedaan kepentingan dalam pesta demokrasi merupakan hal yang lumrah. Karena itu,?menurut dia perbedaan tersebut jangan sampai menimbulkan konflik. Masing-masing peserta pemilu harus menahan diri, dan tidak mudah terprovokasi.

Ia juga mengingatkan masyarakat, terutama pendukung salah satu caleg atau partai tidak mudah terprovokasi. Salah satu sumber dari konflik yakni ada pihak yang memprovokasi dan pihak lainnya terpengaruh.

Seluruh pihak yang berkepentingan terhadap pemilu, imbaunya agar menggunakan media sosial sebagai sarana silaturahim, bukan menghujat atau menjelekkan lawan politik. "Harus mengedepankan politik santun untuk memenangkan pemilu," katanya.

Indrawan juga mengingatkan seluruh caleg untuk menaati ketentuan kampanye. Bawaslu Kepri bersama jajarannya akan menindaklanjuti seluruh temuan maupun laporan pengaduan yang memenuhi ketentuan yang berlaku. "Jangan melanggar aturan," tegasnya.

Deklarasi Pemilu Damai diawasi dengan kegiatan jalan santai yang diiringi marching band. Kemudian Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto memberi imbauan yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memimpin yel-yel Pemilu Damai.

Dalam acara itu juga dilakukan penyematan tanjak, deklarasi dan penandatanganan prasasti kampanye damai, serta pelepasan balon dan burung merpati sebagai simbol pemilu damai. (Antara)
Pewarta :
Editor: Danna Tampi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar