Gubernur optimistis sektor kemaritiman Kepri bangkit

id gubernur kepri,nurdin basirun,kemaritiman kepri

Gubernur optimistis sektor kemaritiman Kepri bangkit

Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun (kanan) didampingi Jaksa Agung Muhammad Prasetyo (kiri) dan Wakil Gubernur Kepri Isdianto (kedua kiri) menandatangani nota kesepahaman sejumlah pembangunan proyek strategis saat peringatan HUT ke-16 Provinsi Kepulauan Riau. (ANTARA News Kepri/Pradanna Putra)

Kepri tidak hanya kaya akan sumber daya alam, melainkan juga letak wilayahnya yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia membuatnya strategis sehingga potensi kemaritiman bukan hanya sebatas tentang perikanan, melainkan juga pariwisata, jasa, perd
Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun merasa optimistis sektor kemaritiman di wilayah itu akan bangkit, dan mampu meningkatkan pendapatan daerah.

"Sektor kemaritiman harus menjadi andalan Kepri, dan mampu membangkitkan sektor lainnya untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat," kata Gubernur Nurdin saat pidato memperingati Hari Ulang Tahun Provinsi Kepri ke-16 di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin.

Nurdin mengatakan Kepri memiliki 1.796 pulau, dengan luas lautan 96 persen. Kondisi itu menyebabkan sektor kemaritiman menjadi andalan bagi Kepri.

Kepri tidak hanya kaya akan sumber daya alam, melainkan juga letak wilayahnya yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia membuatnya strategis sehingga potensi kemaritiman bukan hanya sebatas tentang perikanan, melainkan juga pariwisata, jasa, perdagangan, transportasi, industri, dan pelayaran.

"Jadi kalau berbicara tentang maritim, bukan hanya soal ikan, melainkan banyak potensi perekonomian yang dapat digali dari sektor kemaritiman. Kepri kaya jika sektor kemaritiman dikelola secara maksimal dan mendapat dukungan dari pusat," ujarnya.

Gubernur Nurdin merasa yakin kebangkitan sektor kemaritiman semakin dirasakan masyarakat jika seluruh pihak mendukungnya. Karena itu, sinergisitas antara Pemerintah Kepri dengan pusat harus terbangun, termasuk dengan pemerintah kabupaten dan kota.

Mengelola dan membangun sektor kemaritiman membutuhkan energi yang besar, terutama dalam menyediakan kebutuhan masyarakat dan investasi, apalagi Kepri terdiri atas pulau-pulau, yang jaraknya berjauhan.

Sektor kemaritiman akan semakin maju jika syarat dasar mengelolaan potensi ini terpenuhi, seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, pelabuhan, dermaga, fasilitas air bersih dan listrik. Pemerintah pusat dan daerah dalam beberapa tahun terakhir memperhatikan persoalan itu, selain berupaya meningkatkan sumber daya manusia agar potensi kemaritiman dapat dikelola secara maksimal.

Program pembangunan yang dilaksanakan pemerintaj berdasarkan kebutuhan tidak mungkin dapat berjalan maksimal jika tidak didukung masyarakat dan pihak lainnya. Pemerintah sampai sekarang membutuhkan ide, gagasan, saran, pendapat, dan kritikan dari berbagai pihak agar Kepri semakin maju.

"Kepri harus melakukan berbagai upaya untuk bangkit, untuk mensejahterakan masyarakat. Sektor kemaritiman merupakan andalan Kepri yang dapat mempercepat realisasi target pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," ucapnya.

Pembangunan jalan, dermaga dan pelabuhan yang gencar dilaksanakan sejak dua tahun terakhir, menurut dia sebagai bentuk kepedulian pemerintah dalam meningkatkan sektor kemaritiman. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE