Ratusan siswa dilantik sebagai calon Penegak

id pramuka, penegak, sman 1 singkep, kabupaten lingga

Ratusan siswa dilantik sebagai calon Penegak

Siswa SMA Negeri 1 Singkep saat melaksanakan upacara tradisi penerimaan calon penegak (Nurjali)

Kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan juga dapat menunjang bakat dan minat para siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif melalui kegiatan sekolah
Lingga (Antaranews Kepri) - Sebanyak 175 siswa SMA Negeri 1 Singkep, Kabupaten Lingga, dilantik sebagai calon Penegak  yang berlangsung melalui upacara tradisi ambalan.

"Kegiatan ini merupakan implementasi dari kurikulum 2013, dan perwujudan dari SMA Negeri 1 sebagai sekolah rujukan di Kabupaten Lingga," kata Pembina Pramuka Putra Sugeng Pujiarto, kepada Antara, Jumat.

Dengan adanya penerimaan tamu Ambalan ini diharapkan para siswa-siswi di SMA Negeri 1 Singkep kedepannya, dapat lebih mengamalkan kode kehormatan Satya dan Dharma Pramuka sebagai perwujudkan dari kegiatan ekstrakurikuler wajib bagi sekolah. Selain itu Pramuka sebagai organisasi yang diamanahkan untuk pembinaan anggota muda, dengan dasar Undang Undang Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam dunia pendidikan di sekolah.

Hal yang sama disampaikan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep Hazirun mengatakan, dengan kegiatan pelantikan calon penegak para siswa diharapkan dapat melaksanakan berbagai kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 1 Singkep, selain itu kedepannya kegiatan ekstrakurikuler ini diharapkan juga dapat menunjang bakat dan minat para siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif melalui kegiatan sekolah.

"Kegiatan ekstra di SMA Negeri 1 Singkep ini, sebagai wujud mengendalikan siswa untuk melakukan kegiatan yang positif ditengah pengaruh globalisasi dan perkembangan teknologi saat ini," ujarnya.

Prosesi pelantikan calon penegak tersebut dilaksanakan, dengan tradisi unik selayaknya pengukuhan dewan adat yang mengangkat tema Melayu, dengan menampilkan berbagai nama-nama para pejuang mulai dari Dipenegoro dan RA Kartini yang merupakan pahlawan-pahlawan nasional. Yang bertujuan untuk meningkatkan semangat para siswa untuk mencontoh semangat para pejuang yang telah memperebutkan kemerdekaan.

Dalam kegiatan tersebut pihak sekolah juga mengundang beberapa pihak mulai dari perwakilan wali murid, dari pihak kepolisian Polsek Dabo dan Polres Lingga, pengurus Kwartir Ranting, pengurus Kwartir Cabang, serta beberapa tokoh masyarakat yang ada diwilayah Kecamatan Singkep. 

Diakhir kegiatan para pelajar disematkan tanda kecakapan sebagai bentuk dari keabsahan sebagai calon penegak di SMA Negeri 1 Singkep. (Antara)
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE