Industri katup Batam beralih gunakan gas bumi

id industri katup batam,gas bumi,PGN

Industri katup Batam beralih gunakan gas bumi

Perusahaan Gas Negara Persero Tbk

Ini penting buat pelaku industri, karena mereka secara jelas bisa menghitung anggaran belanja perusahaan dalam satu periode
Batam (Antaranews Kepri) - Industri pembuatan katup untuk tujuan ekspor di Kota Batam Kepulauan Riau, PT Tomoe Valve Batam, beralih menggunakan bahan bakar gas bumi dari sebelumnya elpiji.

"PT Tomoe Valve Batam menggunakan gas bumi dari PGN untuk menggerakkan mesin produksi seperti `die casting` dan `painting`," kata Sekretaris Perusahaan PGN, Rachmat Hutama di Batam, Selasa.

PGN bersama Tomoe menandatangani kontrak dengan komitmen pasokan gas bumi sebesar 350-1.750 MMBtu per bulan.

"Dengan penggunaan gas PGN, perusahaan berorientasi ekspor dengan pasar Asia Pasifik itu mengklaim menghemat ongkos produksi sampai dengan 40 persen per bulan dibanding bahan bakar sebelumnya," kata Rahmat.

Menurut dia, bertambahnya konsumen baru segmen industri itu, seiring dengan tawaran layanan dengan harga kompetitif serta nilai efisiensi yang optimal.

"Sebelumnya mereka menggunakan LPG," kata dia.

Dia menyatakan manajemen Tomoe berharap langkah konversi bahan bakar dari LPG ke gas bumi pasokan PGN melalui layanan Sinergi 360, bisa menambah benefit jangka panjang.

"Hal ini membuktikan bahwa harga gas bumi PGN masih kompetitif di pasaran, selain itu bagi perusahaan akan menikmati selisih harga yang signifikan dari biaya energi mereka," kata Rachmat.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan kepada pengguna gas bumi antara lain stabilitas pasokan, tarif kompetitif, serta kepastian harga.

"Karena ada poin-poin kontrak yang mengaturnya," jelas Rachmat.

Dengan acuan yang tetap, pelaku industri terhindar dari fluktuasi pasar sekaligus meniadakan risiko kelangkaan.

"Ini penting buat pelaku industri, karena mereka secara jelas bisa menghitung anggaran belanja perusahaan dalam satu periode," kata dia.

Selain itu, konsumsi gas bumi dari PGN masih lebih hemat dibandingkan bahan bakar lainnya.

"Dalam rentang 1 tahun, perusahaan bisa menghemat hampir setengah dari biaya bahan bakar karena mengkonversi LPG," kata Rachmat.

Penggunaan gas bumi juga lebih hemat, ramah lingkungan dan aman karena minim risiko kebakaran.

Sementara itu, kontrak dengan Tomoe menambah daftar panjang konsumen industri yang menjadi mitra PGN pada tahun ini. Beberapa bulan lalu, terdapat 3 perusahaan industri besar yang juga meminta pasokan energi dari PGN.

Perusahaan itu antara lain PT Hiruta Kogyo Indonesia yang mempunyai pabrik di Karawang dan Pasuruan, PT Alexindo dengan basis produksi di Karawang, dan PT Serba Gurih Indonesia (SGI) di Pasuruan.

"Pelaku industri mulai mengakui efisiensi jangka panjang dari layanan PGN, hal inilah yang jadi fokus kami untuk menjamin pasokan dan layanan terbaik," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE