BP Batam akan setarakan standar layanan pelabuhan domestik

id BP Batam,Pelabuhan,Domestik,Transportasi,Kepri,Batam

BP Batam akan setarakan standar layanan pelabuhan domestik

Ilustrasi : Pelabuhan Internasional Sekupang (Antaranews Kepri/Joko Sulistyo)

Batam (Antaranews Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam berencana menerapkan standar pelayanan pelabuhan domestik mengikuti standar pelabuhan internasional. 

Kepala Bidang Komersil Kantor Pelabuhan BP Batam Djohan Effendy mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan di beberapa pelabuhan domestik yang dikelola oleh Kantor Pelabuhan Laut (Kanpel) BP Batam,  guna memudahkan pendataan penumpang yang akan dilakukan para agen kapal. 

"Standar dan tata cara pembelian tiket feri nantinya setiap penumpang wajib memperlihatkan identitas diri, sehingga nama yang ada di tiket sama dengan identitas penumpang," katanya saat ditemui di Batam, Selasa (9/10).

Menurut  Djohan, penyetaraan standar dan pendataan itu dilakukan untuk memberikan keamanan kepada masyarakat pengguna jasa pelabuhan. Dia berharap, masyarakat dapat lebih merasa nyaman dan tidak ada lagi pembelian tiket yang dilakukan di dalam kapal. 

"Kita sedang berupaya bagaimana pelayanan di pelabuhan domestik ini sama dengan pelabuhan internasional,"katanya.

Selain itu pihaknya juga sedang melakukan penataan area parkir pelabuhan, baik itu di Telaga Punggur atau pun Sekupang. 

"Untuk pengelolaan parkir masih dibahas bersama dengan pimpinan, apa akan mengandeng swasta atau kita kelola sendiri," ujarnya.

Sebelumnya Kanpel BP Batam sudah menerapkan Boarding Management System (BMS) di Pelabuhan domestik Sekupang dan Punggur. 

BMS yaitu biaya boarding pass atau seaport tax penumpang langsung dimasukan dalam harga tiket. 

Dengan penerapan BMS aturan pelayaran dinilai lebih terjamin. Sebab, data penumpang yang membeli tiket kapal akan terhubung langsung dengan sistem komputerisasi. 

Di samping itu sistem tersebut memudahkan Kanpe BP Batam dalam hal pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE