26 UMKM pamerkan produk pada HUT Karimun

id Pameran ,Produk,UMKM,HUT ,Kabupaten Karimun

Stan pameran untuk produk pelaku UMKM di Coastal Area untuk memeriahkan HUT Kabupaten Karimun ke-19. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Selain produk pelaku UMKM, enam BUMN tersebut juga mendirikan stan untuk memamerkan produk masing-masing
Karimun (Antaranews Kepri) - Sebanyak 26 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) unggulan memamerkan produk pada perayaan Hari Ulang Tahun ke-19 Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

"Pelaku UMKM ratusan jumlahnya, tapi yang mengikuti pameran ini hanya 26 yang termasuk unggulan," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan ESDM Karimun, Muhammad Yosli di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Muhammad Yosli mengatakan, 26 pelaku UMKM tersebut mulai memamerkan produknya selama tiga hari melalui stan yang dibangun dengan biaya ditanggung enam badan usaha milik negara, yakni PT Timah Tbk, BNI, BRI, Bank Mandiri, PT Pelindo I dan Perum Pegadaian.

Pameran tersebut dimulai hari ini di pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Aneka produk unggulan 26 pelaku UMKM dipamerkan kepada masyarakat, mulai dari aneka jenis kuliner hingga kerajinan tangan, termasuk kerajinan pewter yang menggunakan bahan baku campuran timah.

Yosli berharap pameran ini menjadi momentum bagi pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya sehingga lebih dikenal masyarakat baik lokal maupun luar daerah.

Dia mengapresiasi inisiatif enam BUMN untuk menggelar pameran produk UMKM. Pameran tersebut, menurut dia, merupakan bentuk sinergitas antara BUMN dengan pelaku UMKM di Karimun.

"Selain produk pelaku UMKM, enam BUMN tersebut juga mendirikan stan untuk memamerkan produk masing-masing," katanya.

HUT Kabupaten Karimun diperingati setiap 12 Oktober, dan tahun ini memasuki usia yang ke-19 terhitung disahkannya Undang-undang Pembentukan Kabupaten Karimun, terpisah dari Kabupaten Kepri (sekarang Kabupaten Bintan) pada 1999.

Selain pameran produk UMKM, HUT Kabupaten Karimun ke-19 juga diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain Lomba Kreativitas Anak SD pada 5-7 Oktober, Turnamen Bola Voli Wabup Cup di Desa Parit, Kecamatan Karimun yang dimulai sejak 6 Oktober dan pawai "Spirit of Fashion Carnival" pada 7 Oktober.

Selanjutnya, khitanan massal dan donor darah di RSUD M Sani, pameran Al-Quran (114 surah) dan pameran pelestarian cagar budaya pada 13-14 Oktober, Kejuaraan Daerah Motocross Piala Bupati Karimun, pawai budaya nusantara.

Kemudian, turnamen sepak bola Kundur Cup di Kecamatan Kundur pada 13 Oktober, pentas seni dan budaya pada 13 Oktober malam, senam pagi, gerak jalan santai dan pemeriksaan kesehatan gratis pada 14 Oktober di Coastal Area.

HUT Kabupaten Karimun juga dimeriahkan dengan kegiatan Jelajah Wisata Karimun pada 14 Oktober, pertandingan tenis lapangan antarorganisasi perangkat daerah, ekspor perdana nanas di Kundur pada 20 Oktober, dan ditutup dengan tabligh akbar di Panggung Rakyat Putri Kemuning pada 27 Oktober 2018.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar