Pemilih pemula butuh sosialisasi tentukan pilihan

id pemilu, lingga, bakesbang lingga, sosialisasi pemilu

pemilih pemula banyak yang tidak peduli dengan perkembangan pemilu saat ini, bahkan mereka banyak yang tidak mengenal partai politik dan calon legislatif
Lingga (Antaranews Kepri) - Pemilih pemula membutuhkan sosialisasi dalam menentukan pilihan pada Pemilihan Umum 2019 agar mereka paham tentang pelaksanaan pemilu.

"Sebagai pemilih pemula, kami sangat senang ketika ada sosialisasi, karena kami tidak begitu paham kalau tidak ada sosilisasi seperti ini," kata seorang peserta Siswa SMA Negeri 1 Singkep Novelia Shafira kepada Antara, Minggu.

Ia mengikuti Sosialisasi Pemilu yang digelar  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga di Sanggar Praja Kantor Camat Singkep.

Menurutnya sistim pemilu yang terus berubah membuat para pemilih pemula harus rajin memperbarui informasi, sementara saat ini diakuinya anak-anak seusia mereka atau yang sering disebut Anak Baru Gede (ABG) ini sangat jarang untuk menonton televisi atau membaca koran media massa. Mereka lebih terbiasa dengan media sosial dan aktifitas-aktifitas lainnya sesuai dengan perkembangan zaman.

Diakui Novelia hampir semua rekan-rekannya tidak begitu peduli dengan perkembangan pemilu saat ini, bahkan mereka banyak yang tidak mengenal partai politik dan calon legislatif. Yang paling santer mereka ketahui saat ini hanyalah para calon presiden dan wakil presiden, itupun didapatkan melalui informasi-informasi yang disajikan melalui media sosial dan dari mulut kemulut.

Hal yang sama disampaikan oleh Riza Satriani salah satu mahasiswi di perguruan tinggi di Lingga ini mengaku, tahun ini adalah untuk pertama kalinya dirinya menentukan pilihan meski baru  sebagai mahasiswi Riza mengaku dirinya belum begitu mengenal partai politik dan calon-calon anggota DPR, DPD maupun DPRD daerah  sendiri. 

"Tak satupun yang kenal, kalau partai ada beberapa yang tahu, tapi nanti mudah-mudahan dapat memilih sesuai nurani," sebutnya.

Sementara itu Muhammad Ayub dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Lingga mengatakan, kegiatan Sosialisasi Pemilu ini sudah dilakukan Bakesbangpol Lingga dibeberapa Kecamatan dengan harapan, agar sosialisasi tersebut dapat menekan angka golput (golongan putih) atau pemilih yang tidak memilih pada Pemilu 2019. Kemudian kegiatan tersebut juga bermaksud untuk mengajak para pemilih pemula  mengenal para calon legislatifnya, agar tidak salah pilih kedepannya.

"Kami gelar di beberapa kecamatan dengan melibatkan KPU dan kepolisian, supaya mereka anak-anak milenial ini dapat bijak menentukan pilihan pada pemilu nanti," sebutnya. (Antara)
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar