45 tim dari empat negara meriahkan DBR 2018

id DBR

Ilustrasi : Sejumlah atlet dayung memacu perahu untuk mencapai finish pada gelaran Dragon Boat Race tahun lalu. (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinaang (Antaranews Kepri) - Sebanyak 45 tim yang berasal dari 4 negara mengikuti iven Internasional Dragon Boat Race (DBR) 2018 yang kembali digelar oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang, di Sungai Carang dan Kawasan Kotarebah, Kotapiring, Tangungpinang, 19-21 Oktober 2018.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin menyatakan, ke 45 tim tersebut. Terdiri dari 11 tim dari Brunei Darussalam, Malaysia dan Singapura. Sementara, dari dalam negeri peserta berasal dari provinsi DKI Jakarta, Jambi, Riau serta kabupaten/kota di Provinsi Kepulauan Riau.

"Tahun ini jumlah tim meningkat jika dibandingkan tahun 2017 lalu yang berjumlah sebanyak 38 tim," tuturnya, di sela acara pembukaan ajang DBR, di Sungai Carang, Jumat.

Raja Kholidin menyebut, selain perlombaan cabang perahu naga dan kayak kano, juga ada berbagai permainan rakyat lainnya. Salah satunya pencak silat, tarik tambang, joget dangkong dan lain sebagainya.

Di lokasi acara, pihaknya turut menyiapkan berbagai fasilitas, mulai areal parkir, fasilitas air bersih dan fasilitas pendukung lainnya untuk memanjakan bagi para peserta dan warga.

"Target pengunjung perharinya sekitar 3 ribu orang, baik dalam maupun luar negeri," sebutnya.

Raja Kholidin menambahkan, untuk hadiah Dragon Boat Race berupa piala bergilir, piala tetap, piagam serta sejumlah uang. Dengan rincian, juara I sebanyak Rp50 juta, juara II Rp40 juta, juara III Rp25 juta, juara IV Rp10 juta, dan harapan I Rp8 juta.

Sedangkan hadiah lomba kayak kano untuk putra dan putri berupa piala bergilir, piala tetap dan piagam. Ditambah uang tunai. Juara I sebanyak Rp3,5 juta, juara II Rp2,5 juta dan juara III sebanyak Rp1,5 juta.

"Total hadiah nya Rp150 juta. Serta piala bergilir yabg pada tahun lalu diraih oleh tim asal Jakarta. Sementara Hadiah lomba permainan rakyat disediakan pihak swasta," pungkasnya.

Pembukaan kegiatan Internasional Dragon Boat Race ini diawalai dengan konvoi klub motor dari Lapangan Pamedan hingga Sungai Carang. Peserta konvoi sepeda motor nampak memakai atribut Bendera Merah Putih serta simbol masing-masing klub.
Pewarta :
Editor: Joko Sulistyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar