Pemprov ajukan kuota CPNS disabilitas dan cumlaude

id CPNS

Sekdaprov Kepri T Arif Fadhilah (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau akan kembali mengajukan tambahan kuota CPNS, untuk formasi khusus bagi penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude ke Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Kedua formasi khusus itu sebelumnya tidak tercantum dalam formasi seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 di lingkup Pemprov Kepri. Padahal sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2018. Ada kuota 5 persen  yang diperuntukan terhadap penyandang disabilitas dan lulusan cumlaude pada penerimaan CPNS tahun ini.

“Saya sudah perintahkan kepala BKD untuk berkonsultasi lagi ke BKN. Karena kemarin sudah kita ajukan kuotanya, tapi belum disetujui oleh pusat,” kata Arif di Tanjungpinang, Selasa (23/10).

Arif menambahkan, pihaknya akan terus berupaya meminta pemerintah pusat menyetujui usulan tambahan kuota CPNS bagi penyandang disabilitas dan cumlaude, serta tambahan formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan.

“Tahun ini kuota CPNS kita hanya 192 orang, sementara yang diusulkan 400 orang. Menurut kami ini masih kurang,” terangnya.

Arif menambahkan, kuota 192 orang itu terdiri dari tiga formasi. Yaitu, tenaga guru 100 orang, tenaga kesehatan 62 orang dan tenaga ahli teknis 30 orang.

"Seleksi CPNS sendiri menggunakan sistem Computers Assist Test (CAT), dan seluruh tahapan seleksi hingga pengumuman hasil CPNS merupakan wewenang Panselnas. Kami sifatnya hanya menyediakan tempat ujian dengan persetujuan mereka" sebutnya.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) melalui sistem Computers Assist Test (CAT), rencananya mulai dilaksanakan pada 27 Oktober hingga 17 November 2018 mendatang.
Pewarta :
Editor: Joko Sulistyo
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar