OSIS latih mental siswa

id OSIS, SMP Kartini I Batam, Muthiara maharani, Ketua Osis

Ketua OSIS SMP Kartini I Batam Muthiara Maharani. (Antaranews Kepri)

Dalam pemilihan ketua OSIS pihaknya telah mengajarkan siswa untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai pemilihan demokratis.
Batam (Antaranews Kepri) - Para siswa yang menjadi pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) tidak hanya melatih siswa  mengurus organisasi tapi juga melatih mental mereka sebagai pemimpin, kata Kepala SMP Kartini I Batam Syafruddin.

"OSIS wadah berorganisasi bagi siswa. Kami tentu mendukung kegiatan dan kreativitas siswa karena berorganisasi melatih mental mereka yang kelak akan menjadi pemimpin," ungkap Syafruddin, saat ditemui usai pelantikan Pengurus OSIS 2018/2019 di SMP Kartini 1 yang beralamat di Sei Harapan, Batam.

Dalam berorganisasi, katanya, kunci utama untuk menyukseskan program kegiatan adalah musyawarah mufakat.

Apapun kegiatan yang hendak dilakukan, harus dimusyawarahkan dulu dengan sesama pengurus, baru diambil keputusan.

"Kesepakatan ini akan menyukseskan program yang akan hendak dibuat. Inilah mental kepemimpinan," katanya.

Menurut dia, dalam pemilihan ketua OSIS beberapa waktu lalu pihaknya telah mengajarkan siswa untuk memanfaatkan momen tersebut sebagai pemilihan demokratis.

Para calon menyampaikan visi misi, debat program yang dibawa dalam dua bahasa yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris serta pemilihan  langsung seperti halnya pemilihan pimpinan daerah.

Bahkan, saat pelantikan juga dilakukan secara sakral dalam acara upacara resmi. Para pengurus OSIS terlebih dahulu menunjukkan keahlian mereka dalam parade baris berbaris.

"Jadi pelantikan mereka tidak hanya sekedar seremoni upacara, tapi mereka juga dilatih dalam baris berbaris yang kemudian diperlihatkan saat pelantikan. Disinilah awal kekompakan mereka sebagai pengurus," kata Syafruddin.
 
Ia mengharapkan pengurus OSIS yang baru terbentuk dapat bekerja dan menjalankan visi misi sesuai dengan program yag mereka kampanyekan saat pemilihan ketua OSIS.

"Seberapa banyakpun kegiatan yang akan dilakukan tidak akan terasa sulit apabila dilakukan bersama," katanya.
Ia mengucapkan terimakasih pada pengurus OSIS lama yang telah menyelesaikan tugasnya dan ia juga mengharapkan pengurus OSIS yang baru dibawah kepemimpinan Muthiara Maharani, OSIS SMP Kartini I Batam makin memperkenal sekolah tersebut.

Guru pembimbing bidang kemahasiswaan Nur Hasni mengatakan siswa dibawah binaannya merupakan anak-anak yang berbakat dan kreatif.

"Di OSIS mereka akan belajar banyak bagaimana mengelola organisasi," katanya.

Sementara itu, Ketua OSIS SMP Kartini I Muthiara Maharani yang merupakan siswa Kelas VIII B, mengatakan ia akan menjalan berbagai program kegiatan yang telah dipaparkannya dalam proses kampanye pemilihan ketua OSIS beberapa waktu lalu.

"Ada berbagai program, tidak hanya berupa kegiatan kesiswaan tetapi juga kami mendukung kebijakan sekolah untuk bebas sampah plastik," katanya.

Maharani yang juga Puan Cilik Kepri 2017 itu mengatakan, SMP Kartini I Batam merupakan sekolah berwawasan lingkungan sehingga apapun nanti kegiatan yang mereka buat tetap diutamakan peduli pada lingkungan.

"Sekolah kami ini asri dengan tanaman hijau dan bebas sampah. Ini yang harus kami jaga selain itu kelak ada beberapa kegiatan kesiswaan," katanya. (Antara) 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar