Tiga kecamatan pemekaran di Lingga siap buat gebrakan

id Kecamatan pemekaran,Lingga

Tiga kecamatan pemekaran di Lingga siap buat gebrakan

Syukuran dan silaturahmi Camat Katang Bidare bersama masyarakat di Benan (Antaranews Kepri/Nurjali)

Tahap awal kami melakukan kooordinasi dengan desa-desa di Kecamatan Katang bidare, tadi baru saja kita ke Benan
Lingga (Antaranews Kepri) - Tiga kecamatan pemekaran di Kabupaten Lingga, yakni Kecamatan Katang Bidare, Bakung Serumpun dan Temiang Pesisir siap membuat gebrakan untuk menghadapi tantangan menjawab keinginan Bupati Lingga Alias Wello.

"Tahap awal kami melakukan kooordinasi dengan desa-desa di Kecamatan Katang bidare, tadi baru saja kita ke Benan," Kata Camat Katang Bidare Safarudin yang juga Ketua KNPI Kabupaten Lingga, kepada Antara, Sabtu.

Sebagai sosok orang muda, Safarudin yang baru dilantik Senin pekan ini, tidak ingin ketinggalan dengan para seniornya yang lebih dulu menjadi camat.

Kecamatan Katang bidare yang memiliki aset pariwisata, salah satunya adalah pulau Benan akan menjadi sorotan banyak orang, tidak hanya di Kabupaten Lingga, namun juga masyarakat dari Batam, Bintan dan Tanjungpinang serta daerah lainnya akan sering berkunjung ke wilayah ini.

Untuk itu, program seratus hari menuju Lingga Terbilang 2020, yang digaungkan Bupati Lingga akan dimanfaatkan sebaik mungkin oleh mantan Kabid Pora Disparpora Lingga ini.

Pemekaran Kecamatan Senayang bukan hanya sebatas pencitraan untuk memenuhi janji kampanye, menurutnya banyak hal yang akan dimanfaatkan dengan pemekaran ini. 

"Setelah melakukan rapat-rapat bersama kepala desa, BPD-BPD dan 'stakeholder' di desa-desa ini kita juga berkomitmen untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memperpendek rentang kendali," sebutnya. 

Seluruh pelayanan administrasi di seputaran Katang Bidare akan difokuskan cukup di kantor camat, baik administrasi, nelayan dan lainnya. Salah satu program yang akan dicetuskannya yaitu program SIP OKE Kecamatan Katang Bidare.

Program ini nantinya akan memanfaatkan perkembngan teknologi saat ini,  yaitu pelayanan secara "online". 

"Jadi dalam waktu dekat ini, kita akan data ulang penduduk karena rata-rata data administrasinya masih Kecamatan Senayang, sebagai kecamatan induk," sebutnya. 

Menurutnya tidak hanya Desa Benan yang memiliki potensi layak jual, beberapa desa lainnya juga akan didata potensinya sehingga ke depan menjadi referensi dan pertimbangan bagi pemerintah untuk melangsungkan pembangunan. 

Selain Kecamatan Katang Bidare, Camat Kecamatan Temiang pesisir Andi Aziz yang juga baru dilantik mengaku, sedang fokus untuk melakukan pembenahan administrasi dan sumber daya (SDM) yang ada di wilayahnya. Salah satunya adalah pembenahan kantor camat sementara, dan pembenahan di beberapa sektor lainnya. 

"Kita sudah mulai karena ini kantor juga baru juga belum ada jadi kita benahi dulu,  kantor sementara setelah itu kita lakukan pembenahan awal lainnya juga, " ujar Andi Aziz. 

Kecamatan Katang Bidare,  Bakung Serumpun dan Temiang Pesisir di wilayah Senayang dikatakan sebagai Gerbang Kabupaten Lingga karena ketiga kecamatan ini merupakan pintu masuk dari Batam, Bintan dan Tanjungpinang untuk ke Kabupaten Lingga. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE