Iluni fasilitasi siswa Karimun kuliah di UI

id Iluni UI,Kepri,Karimun

Iluni fasilitasi siswa Karimun kuliah di UI

Ketua Iluni UI Provinsi Kepri Amir Hakim Siregar memotivasi para siswa SMA di Karimun untuk mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dan perguruan tinggi negeri. (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Kalau sekarang putra-putri Kepri yang lulusan UI hanya 12 orang. Kita berharap ke depan akan lebih banyak lagi
Karimun (Antaranews Kepri) - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) Provinsi Kepulauan Riau memfasilitasi dan mendorong siswa lulusan SMA di Kabupaten Karimun agar bisa kuliah di Universitas Indonesia.

"Kita fasilitasi, salah satunya dengan MoU (nota kesepahaman dengan UI) yang sudah kita tandatangani tahun ini, berlaku tiga tahun dan bisa diperpanjang. Tinggal teknisnya seperti apa," kata Ketua Iluni UI Provinsi Kepri Amir Hakim Siregar, di sela seminar dengan tema "Persiapan Menghadapi Dunia Kerja dan Masuk Perguruan Tinggi" yang diikuti sekitar 500 siswa Kelas XII di Gedung Nilam Sari, Kantor Bupati Karimun, Sabtu.

Amir Hakim Siregar mengatakan Iluni UI Provinsi Kepri terpanggil untuk berperan nyata dalam upaya meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) di daerah setempat yang dinilai masih rendah dan jauh tertinggal dari daerah lain.

Dia mencontohkan kualitas sumber daya manusia di Badan Pengusahaan Batam dengan Pemkot Batam yang jauh berbeda.

Menurut dia, salah satu upaya membangun SDM adalah memperbanyak anak Karimun maupun Kepri bisa kuliah di perguruan tinggi negeri, tidak terkecuali di Universitas Indonesia, universitas bergengsi yang sudah "go international".

Menurut dia tidak gampang untuk kuliah di UI, persaingannya sangat ketat, apalagi kualitas siswa di Kepri masih kalah jauh dengan siswa SMA di Jakarta atau Jawa yang dominan mengisi bangku kuliah di UI, ITB dan universitas favorit lainnya.

Dia berharap, ke depan makin banyak putra-putri Kepri yang berkuliah di UI sehingga pada 10-20 tahun ke depan bisa berperan nyata membangun kampung halamannya.

"Kalau sekarang putra-putri Kepri yang lulusan UI hanya 12 orang. Kita berharap ke depan akan lebih banyak lagi," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Iluni UI Provinsi Kepri Jusrizal mengatakan, kegiatan seminar tersebut juga bertujuan untuk memotivasi siswa di Karimun untuk kuliah di perguruan tinggi negeri.

"Sebentar lagi mereka sudah tamat sekolah dan mungkin melanjutkan ke perguruan tinggi. Jadi kita motivasi mereka bagaimana melihat potensi diri, dan memilih jurusan untuk kuliah nanti," katanya.

Dia mengatakan tindak lanjut dari kegiatan seminar itu adalah menggelar "try out" atau uji coba agar mereka siap untuk bersaing memasuki perguruan tinggi negeri.

"Setelah try out, baru kita rangking 50 teratas. Dan yang 50 orang ini akan kita berikan tes kemampuan minat dan bakat," kata Jusrizal yang juga anggota DPRD Kepri dari Kabupaten Karimun.

Selain itu, kata dia, Iluni UI Kepri juga akan mengupayakan jalur-jalur beasiswa, bimbingan tes secara gratis, dan bagi siswa yang diterima berkuliah juga diupayakan mendapat beasiswa pendidikan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE