BPS : Kondisi ekonomi konsumen di Kepri membaik

id bps

BPS : Kondisi ekonomi konsumen di Kepri membaik

Ilustrasi : Suasana perbelanjaan moderen di Tanjungpinang. (Antaranews Kepri/Ogen)

Tanjungpinang (Antaranews Kepri) - Badan Pusat Statistik (BPS) Kepulauan Riau merilis, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Provinsi Kepulauan Riau triwulan III tahun 2018 sebesar 105,01. Angka ini menunjukan kondisi ekonomi konsumen di Provinsi Kepri mengalami peningkatan signifikan dibandingkan triwulan sebelumnya.

"Peningkatan ekonomi konsumen itu didorong meningkatnya pengaruh inflasi terhadap konsumsi dengan total pengeluaran (nilai indeks 106,64) dan volume konsumsi (nilai indeks 117,32)," ujar Kepala BPS Kepri, Zulkipli di Tanjungpinang, Jumat (9/11).

Kendati demikian lanjutnya, tingkat optimisme konsumen di Kepri justru menurun dibandingkan dengan triwulan II 2018 dengan indeks sebesar 122,78.

Zulkipli memprediksi, nikai ITK Provinsi Kepulauan Riau pada triwulan IV tahun 2018 diperkirakan sebesar 101,45, artinya kondisi ekonomi konsumen juga dimungkinkan meningkat di banding triwulan III 2018 ini.

Dia memperkirakan, potensi meningkatnya kondisi ekonomi di triwulan IV mendatang,  disebabkan oleh naiknya indeks pendapatan rumah tangga sebesar 110,42.

"Untuk tingkat optimisme konsumen di triwulan IV diprediksi turun jika dibandingkan triwulan III," tutup Zulkipli.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE