ANRI imbau BP Batam kelola arsip sesuai aturan

id anri,arsip,bp batam

Kepala Pendidikan dan Latihan ANRI, Listyaningtyas memberikan penjelasan mengenai pengarsipan kepada para pegawai BP Batam agar menyusun arsip sesuai dengan aturan kearsipan. (Antaranews Kepri/dok Humas BP Batam)

Karena itu ANRI mengharapkan sedari awal, arsip-arsip dinamis di BP Batam dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan
Batam (Antaranews Kepri) - Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengimbau Badan Pengusahaan Batam untuk mengelola arsip sesuai dengan aturan-aturan kearsipan sehingga dapat memberikan sumbangsih kepada bangsa dan negara.

Kepala Pendidikan dan Latihan ANRI, Listyaningtyas, di Batam, Sabtu, mengatakan arsip merupakan aset penting sebagai bahan akuntabilitas dan alat bukti atau historis yang sah, bagi keberlangsungan sebuah organisasi.

"Tujuan 'In House Training' ini agar teman-teman pengelola arsip di BP Batam dapat mengelola arsip sesuai dengan aturan-aturan kearsipan," katanya.

Dia mengatakan, tupoksi BP Batam sangat strategis dalam mengelola Pulau Batam dan banyak arsip-arsip yang tercipta dari masa ke masa yang harus dikelola dengan baik.

Arsip yang dikelola BP Batam lanjutnya, akan menjadi sumbangsih bagi arsip statis kepada bangsa dan negara. 

"Karena itu ANRI mengharapkan sedari awal, arsip-arsip dinamis di BP Batam dapat dikelola dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kearsipan," ujarnya.

Listyaningtyas menambahkan "In House Training" dilakukan dengan beberapa metode penyampaian. 

Di antaranya ceramah, diskusi, dan praktek bagaimana pengelola arsip dalam melakukan pemberkasan, pemusnahan dan pemindahan arsip.

Kepala Bagian Sekretariat Arsip dan Perpustakaan BP Batam, Desiana Repelita, mengatakan kegiatan tersebut diikuti 65 pegawai dari 22 biro dan direktorat di BP Batam.

“Pengelolaan arsip di BP Batam saat ini kami nilai cukup baik, memang, sebelum melaksanakan In House Training, kami telah melakukan monitoring dan hasilnya kurang memuaskan," katanya.

Destiana berharap, dengan adanya pelatihan yang disampaikan pemateri dapat diimplementasikan dengan baik oleh peserta.

"Dengan diadakannya In House Training ini secara berkala maka pengelolaan sistem arsip BP Batam akan semakin baik ke depannya," ujarnya. 

In House Training Pengelolaan Arsip Dinamis yang diadakan BP Batam mengangkat tema “Melalui In House Training, Kita Tingkatkan Pemberkasan Arsip Aktif dan Penataan Arsip In Aktif di Lingkungan BP Batam.(Antara)
 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar