Polres Lingga jalin kemitraan siaga penanggulangan bencana

id apel siaga bencana

Polres Lingga jalin kemitraan siaga penanggulangan bencana

Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho, SIK MK saat melakukan pengecekan kendaraan (Nurjali)

Tujuan dari apel ini, untuk mengecek kesiapan anggota kita untuk menghadapi, segala kemungkinan yang akan terjadi dilapangan
Lingga (Antaranews Kepri) - Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Susilo menghimbau seluruh anggotanya, untuk menjalin koordinasi dengan kemitraan atau instansi-instansi terkait yang berkompeten, dalam rangka penanggulang bencana pada apel yang digelar serentak diseluruh Polda Kepri salah satunya di Mapolres Lingga yang dipimpin langsung oleh Kapolres Lingga.

"Nanti kedepan kita juga akan, menunjuk beberapa anggota untuk berlatih bersama Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) untuk dilatih tanggap bencana," kata Kapolres Lingga, AKBP Joko Adi Nugroho, kepada Antara, Kamis.

Kapolres Lingga juga mengingatkan kepada seluruh jajarannya, untuk dapat terus memantau kondisi cuaca di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) setempat, agar segala kemungkinan terhadap cuaca dapat dideteksi lebih dini. Dan jika terjadi hal-hal terkait tanggap bencana, anggota dilapangan dapat bekerja cepat.

Selain itu seluruh anggota yang bertugas dilapangan juga diingatkan utuk lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan-kemungkinan bencana alam yang akan terjadi ditengah kondisi cuaca saat ini. Salah satunya adalah bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya yang mungkin saja terjadi saat cuaca buruk atau musim penghujan saat ini.

"Tujuan dari apel ini, untuk mengecek kesiapan anggota kita untuk menghadapi, segala kemungkinan yang akan terjadi dilapangan," sebutnya.

Selain melakukan apel penanggulangan bencana bersama seluruh anggotanya, Kapolres Lingga dihari yang sama juga melakukan pengecekan kendaraan bermotor, bersama Dinas Perhubungan, Basarnas, dan TNI. Selain itu dilakukan juga pengecekan terhadap kesiapan personil Polairud dan beberapa kelengkapan kapalnya, mulai dari Pers Polairud, Kapal patroli, baju pelampung, life boy, kantong mayat dan navigasi kapal.

Dalam kegiatan tersebut selain dihadiri seluruh jajaran Polres Lingga, mulai dari Wakapolres Lingga Kompol Ferry Aprizon, PJU Polres Lingga, hadir juga Ketua BMKG Dabosingkep, kepala unit SAR Lingga, dan beberapa pejabat lainnya. 

Kegiatan ini dilakukan diseluruh jajaran Polda Kepri secara serentak, bagi masyarakat  yang mengalami gangguan atau membutuhkan pertolongan serta mendapat informasi terkait bencana alam dapat menghubungi beberapa nomor telpon antara lain Polda Kepri, SPKT Polda Kepri 110, Ditsabhara Polda Kepri 08136493964, Ditpolairud Polda Kepri 082283723721, Sat Brimob Polda Kepri 081372737771, dan untuk Polres  Lingga 081275547710. (Antara) 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE