Bakamla luncurkan tiga kapal patroli di Batam

id bakamla,kapal,batam

Bakamla luncurkan tiga kapal patroli di Batam

KN Pulau Dana 8003 salah satu kapal patroli milik Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia. Kapal tersebut memiliki panjang 80 meter, lebar 7.90 meter dan tinggi 14.4 meter, dengan kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Kehadiran kapal ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia
Batam (Antaranews Kepri) - Badan Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia meluncurkan tiga kapal patroli karya anak bangsa, di galangan PT Citra Shipyard, Tanjunguncang, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

Pelaksana tugas (Plt) Deputi Operasi Laut, Laksma Bakamla Guntur Wahyudi, di Batam, Kamis, mengatakan ketiga kapal patroli tersebut memiliki panjang 80 meter, lebar 7,90 meter dan tinggi 14,4 meter, dengan kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/18VP185TM.

"Nama ketiga Kapal Negara 80 Meter ini seluruhnya diambil dari nama pulau terluar Indonesia, yakni KN Pulau Nipah 8001, KN Pulau Marore 8002 dan KN. Pulau Dana 8003," katanya. 

Guntur menambahkan, pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter tersebut, memiliki makna yang sangat strategis bagi industri pertahanan dan keamanan nasional.

Hal itu lanjutnya, membuktikan bahwa putra-putri bangsa Indonesia  mampu melaksanakan tugas sesuai dengan fungsi penyelenggaraan industri pertahanan dan keamanan.

Terutama dalam hal mengembangkan teknologi industri perkapalan yang bermanfaat bagi pertahanan, keamanan dan kepentingan nasional lainnya, katanya.

"Keberhasilan pembangunan kapal ini membuktikan kemampuan putra-putri Indonesia untuk memberikan kontribusinya dalam penguasaan bidang teknologi perkapalan nasional," katanya.

Hal itu kata dia, merupakan salah satu solusi konkrit dalam mengurangi ketergantungan dari negara lain terkait dengan pengadaan kapal patroli di masa yang akan datang.

Kata dia, pembangunan tiga unit kapal patroli Bakamla kelas 80 meter itu diharapkan dapat meningkatkan kekuatan dan kemampuan Bakamla RI. 

Khususnya bagi kebutuhan unsur operasional dalam mengemban tugas dalam melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia. 

"Kehadiran kapal ini tentunya akan menjadi bagian penting dalam mendukung terwujudnya negara Indonesia sebagai poros maritim dunia," paparnya.

Peluncuran tiga kapal patroli tersebut ditandai dengan pernyataan resmi pemberian nama dan pemotongan tali pengikat kendi serta penekanan sirene.(Antara)
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE