Sembilan SMP sederajat di Lingga siap gelar UNBK tahun 2019

id Sembilan SMP sederajat di Lingga siap gelar UNBK tahun 2019

Sembilan SMP sederajat di Lingga siap gelar UNBK tahun 2019

Kepala Dinas Pendidikan Lingga Junaidi Adjam (Antaranews Kepri/Nurjali) (Antaranews Kepri/Nurjali/)

Kendala sekolah yang belum dapat menggelar UNBK ini, karena masih minimnya fasilitas perangkat komputer dan ketersediaan jaringan internet
Lingga (Antaranews Kepri) - Sembilan dari empat puluh Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) sederajat di Kabupaten Lingga siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) atau Computer Based Tes (CBT) di tahun 2019 mendatang, yang akan digelar pada 22 s/d 25 April 2019.

"Alhamdulillah berkat kerjasama dan antusiasme para kepala sekolah tahun ini,  ada sembilan sekolah yang siap menggelar UNBK, meningkat dari tahun lalu yang hanya dua sekolah, " kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga Djunaidi Adjam,  kepada Antara,  Selasa. 

Sembilan sekolah yang siap menggeler UNBK tersebut antara lain SMP Negeri 1 Singkep, SMP Negeri 1 Lingga, SMP Negeri 1 Singkep barat, SMP Negeri 1 Singkep pesisir, SMP Negeri 1 Selayar, SMP Negeri 2 Singkep, SMP Negeri 2 Singkep selatan, SMP Negeri 3 Singkepbarat, dan MTs Negeri Singkep.

Sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK tersebut umunya melaksanakan UNBK dengan menumpang di beberapa sekolah SMA dan SMK sederajat, yang ada diwilayah masing-masing sekolah. Hanya satu sekolah dari sembilan sekolah tersebut yang sudah mampu menggelar UNBK di sekolah mereka, karena sudah memiliki fasilitas yang mumpuni yaitu SMP Negeri 2 Singkep barat.

"Kendala sekolah yang belum dapat menggelar UNBK ini, karena masih minimnya fasilitas perangkat komputer dan ketersediaan jaringan internet," ujarnya.

Adapun beberapa sekolah yang masih belum mampu menggelar UNBK karena minimnya fasilitas itu, antara lain berada diwilayah Senayang dan Lingga timur. Hal ini juga diikuti dengan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di wilayah-wilayah tersebut juga belum mampu menggelar UNBK.

"Kita berharap kedepan hal ini menjadi perhatian pemerintah Provinsi Kepri," sebutnya.

Adapun peserta Ujian Nasional SMP/MTS sederajat pada tahun pelajaran 2018/2019 mendatang, yang akan digelar pada tanggal 22 s.d 25 April 2019 nanti berjumlah 1599 siswa-siswi dari 37 SMP dan 3 MTS yang ada di wilayah Kabupaten Lingga. Ujian Nasional adalah ujian akhir bagi siswa-siswi SMP dan MTS sederajat, untuk menamatkan sekolahnya di sekolah menengah pertama tersebut, dan sebagai syarat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE