Setiap 17 jam 34 menit satu kecelakaan lalin terjadi di Batam

id kecelakaan lalu lintas,batam

Setiap 17 jam 34 menit satu kecelakaan lalin terjadi di Batam

Kapolresta Barelang Kombes Pol Hengki (kedua kanan) saat melakukan pengecekan data kinerja unit Polresta Barelang sepanjang 2018, di Mapolresta Barelang, Sabtu (29/12). (ANTARA News Kepri/Pradanna Putra Tampi)

Target kami angka kecelakaan lalu lintas dapat terus ditekan sesuai dengan pencanangan keselamatan lalu lintas di daerah perbatasan ini
Batam (Antaranews Kepri) - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Barelang Polda Kepulauan Riau menyebutkan setiap 17 jam 34 menit sekali telah terjadi kecelakaan lalu lintas di wilayah hukumnya sepanjang 2018.

Kapolresta Barelang, Kombes Pol Hengki, di Batam, Sabtu, menyatakan, jumlah itu menurun sebesar 14 persen bila dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 604 kejadian. Sementara jumlah kecelakaan lalu lintas hingga Jumat (28/12) tercatat hanya 517 kejadian.

"Untuk korban luka berat sepanjang 2018 tercatat 103 orang, menurun 54 persen bila dibanding tahun sebelumnya yang mencapai 223 korban luka berat. Sementara untuk korban luka ringan naik 1 persen," kata Hengki saat gelar rilis tahunan di Mapolresta Barelang.

Meski begitu, lanjut Kapolresta, pada jumlah angka kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban meninggal dunia sepanjang 2018 meningkat dari tahun sebelumnya sebanyak 85 korban, kini menjadi 86 korban jiwa.

"Usia yang mendominasi angka kecelakaan lalu lintas sepanjang 2018 yakni 21-30 tahun. Sementara atensi kita pada 2019 mendatang ialah pada usia 0-16 tahun yang jumlah angka kecelakaan lalu lintasnya tercatat 111 kasus," kata dia.

Ia mengatakan, jumlah kecelakaan lalu lintas perlu ditekan dari waktu ke waktu. Karena itu, dia meminta ke jajaran polisi lalu lintas agar lebih efektif melakukan penyuluhan dan penindakan pelanggar lalu lintas di jalan.

"Target kami angka kecelakaan lalu lintas dapat terus ditekan sesuai dengan pencanangan keselamatan lalu lintas di daerah perbatasan ini," ucapnya.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol I Putu Bayu Pati, mengatakan akan terus berupaya menekan angka kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Kota Batam. Untuk pergantian malam tahun baru, lanjut dia, potensi kecelakaan lalin juga akan diperkuat.

"Penindakan aksi balap liar menjadi target, dan akan langsung kami hentikan bersama aparat gabungan lainnya," tegasnya.

Ia mengimbau untuk warga Batam agar tidak melakukan euforia yang berlebihan pada saat malam pergantian tahun di jalanan yang dapat menyebabkan kecelakaan. (Antara)
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar