KPU Karimun kerahkan 55 relawan sosialisasikan pemilu

id Relawan Demokrasi ,KPU Karimun,Pemilu

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Karimun (ANTARANews Kepri ) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengerahkan 55 relawan demokrasi untuk membantu mensosialisasikan Pemilu 17 April 2019.

"Relawan demokrasi atau Relasi akan bertugas selama tiga bulan, mereka kita beri honor dan kita bekali tentang petunjuk teknis sosialisasi pemilu," kata Ketua KPU Kabupaten Karimun, Eko Purwandoko di sela bimbingan teknis 55 Relawan Demokrasi di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Eko Purwandoko menjelaskan, relawan yang direkrut terdiri dari berbagai kalangan mulai dari pemilih pemula, tokoh agama, aktivis perempuan dan kelompok lainnya.

Mereka akan mensosialisasikan pemilu kepada sebelas kelompok masyarakat, seperti pemilih pemula, perempuan, pemuda, lembaga dan komunitas marjinal.

Untuk mendukung tugas-tugas relawan demokrasi, KPU Karimun juga memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pemilu.

Menurut dia, poin penting yang harus disosialisasikan adalah waktu penyelenggaraan pemilu, 17 April 2019.

Relawan demokrasi juga harus mensosialisasikan tentang pemungutan suara dengan lima surat suara, yakni surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPRD provinsi dan DPRD kabupaten.

"Nanti relawan demokrasi akan membuat program dan laporan untuk disampaikan ke KPU. Intinya, relawan demokrasi melakukan sosialisasi secara terarah dan terukur, serta menjangkau seluruh lapisan dan kelompok masyarakat," tuturnya.

Dia berharap relawan demokrasi dapat memberikan kontribusi, mendukung KPU mewujudkan target partisipasi pemilih sebesar 77,5 persen.

"Itu target nasional, kita tentu harus bekerja keras untuk mencapai target tersebut," ujarnya.

KPU Karimun, menurut dia, juga memberi ruang selebar-lebarnya bagi kelompok-kelompok masyarakat untuk membantu mensosialisasikan pemilu.

"Kami selalu siap untuk hadir jika ada masyarakat yang ikut mensosialisasikan pemilu, seperti yang diadakan mahasiswa di Ungar, kemarin," katanya.

Dia mengatakan kesuksesan pelaksanaan pemilu sangat bergantung pada peran aktif masyarakat dalam mendukung berjalannya tatanan kehidupan demokrasi yang dianut bangsa Indonesia.

"Pemilu sarana rakyat memilih pemimpin. Siapapun yang terpilih harus didukung karena dipilih secara demokratis," ujarnya.

Baca juga: KPU Batam ajak warga jadi relawan demokrasi

Baca juga: Relawan Demokrasi Sosialisasikan Pemilu di Pulau Terpencil
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar