Kominfo Humas Lingga apresiasi Kepri Smart Province

id Kepri Smart Province,digitalisasi,lingga

Kominfo Humas Lingga apresiasi Kepri Smart Province

Buana Fauzi Februari, SE, SH, MM, CPS saat berkunjung ke Kepri Smart Province. (Antaranews Kepri/Nurjali)

Lingga (Antaranews Kepri) - Bagian Kominfo dan Humas Kabupaten Lingga Sekretariat Daerah Kabupaten Lingga, Buana Fauzi Februari mengapresiasi berdirinya Kepri Smart Province yang digagas Dinas Kominfo Provinsi Kepri di Gedung Perpustakaan dan Arsip Pemerintah Provinsi Kepri, Tanjungpinang.

"Kami mendapat tawaran untuk membuat alur kerja secara digital dan akan dibantu oleh tim profesional dari KSP, hal ini sesuai dengan arahan pak sekda agar Lingga lebih unggul secara TIK," kata Plt. Kasubbag Humas Kominfo Lingga, Buana Fauzi, Kamis (24/1).

Kunjungan ini sebagai wujud perhatian Pemerintah Kabupaten Lingga, untuk mewujudkan kabupaten yang berbasis Informasi teknologi (IT). Dari KSP Kepri tersebut, banyak informasi dan masukan yang nantinya dapat segera diterapkan di Kabupaten Lingga dalam rangka menunjang kinerja aparatur maupun penggunaan secara umum masyarakat di Kabuapaten Lingga.

Pemerintah Kabupaten Lingga juga mendapatkan slot yang disediakan oleh KSP di setiap kabupaten/kota di Provinsi Kepri untuk dapat menampilkan keunggulan strategis masing-masing daerah melalui layar digital yang telah disediakan. Di KSP tersebut juga disediakan papan informasi daerah-daerah yang ada di Kepri, terdapat juga fasilitas "video conference" (VC) sebagai lokomotif TIK di Kepri.

"Pak Sekda berharap kedepannya absensi dan tata naskah dinas di Pemkab Lingga juga akan terintegrasi dan terdigitalisasi," ujarnya.

Dengan adanya KSP itu nantinya, akan sangat membantu pemerintah Kabupaten Lingga yang luas wilayahnya terbentang dengan laut sehingga banyak moda tranportasi yang laut yang digunakan untuk mempermudah akses di Lingga. Hal inilah peran teknologi digital sangat memberi peranan, sebagai pendukung pelayanan publik dan sarana komunikasi dan informasi bagi masyarakat Kabupaten Lingga.

Saat ini menurutnya sudah banyak urusan pemerintahan di Lingga sudah dapat dilakukan secara online dan "real time", sehingga sangat mendukung pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah urusan administrasi kependudukan yang sudah dapat dilakukan melalui media WhatsApp, sehingga pemohon tanpa perlu hadir di kantor camat atau disdukcapil untuk mengurus administrasi kependudukan.

"Ini sangat membantu, untuk masyarakat yang tinggal di pulau-pulau karena akan menghemat waktu dan biaya tentunya," jelasnya. (Antara) 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE