Gubernur minta OPD bersinergi tumbuhkan ekonomi

id gubernur kepri,nurdin basirun,ekonomi

Gubernur minta OPD bersinergi tumbuhkan ekonomi

Gubernur Kepri Nurdin Basirun (Antaranews Kepri/Ogen)

Sekecil apa pun usaha dan kegiatan perekonomian, yang terpenting berjalan dan bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat sekitar. Pemerintah pun harus mendukung dan mendorong pertumbuhan perekonomian kerakyatan
Batam (ANTARANews Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun, meminta organisasi perangkat daerah (OPD) untuk bersinergi dan bahu membahu demi menumbuhkan perekonomian rakyat, terutama usaha mikro, kecil dan menengah.

Gubernur Nurdin di Batam, Jumat, menyatakan setiap OPD harus melakukan pembinaan dengan UMKM yang terkait bidang organisasi masing-masing.

"Sekecil apa pun usaha dan kegiatan perekonomian, yang terpenting berjalan dan bermanfaat untuk keluarga dan masyarakat sekitar. Pemerintah pun harus mendukung dan mendorong pertumbuhan perekonomian kerakyatan," kata Gubernur.

Dukungan pemerintah, kata dia, harus mengedepankan kearifan lokal setiap daerah. Jangan sampai menabrak kebiasaan masyarakat yang dapat merusak tatanan.

Seperti pembuatan batu bata yang dilakukan Paguyuban Warga Demak di Kampung Mangsang Sei Beduk Batam, kata Gubernur. Meski masih bersifat usaha kecil, namun bisa membangun ekonomi sekitar.

Usaha batu bata di sana mempekerjakan sekitar 30 kepala keluarga di Kampung Mangsang.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kepri, Burhanudin mengatakan lintas OPD di lingkungan Pemprov Kepri telah melakukan sinergi demi mengembangkan industri kecil menengah.

"Sinergi dan integrasi yang diperintahkan Pak Gubernur akan memperkuat tumbuh ekonomi masyarakat," kata dia.

Ia mengatakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan membina 2.400 usaha kecil seluruh Kepri, agar bisa terus berkembang.

"Yang produktif terus kita tingkatkan. Pembinaan, bantuan peralatan kita berikan secara bertahap, dan berkelompok. Industri yang memanfaatkan bahan baku lokal, kita galakkan," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE