PT CHZ luncurkan produk pengganti kimia dalam industri

id Citra Harapan Zims,produk biofuel,aditif biodiesel

Prosesi pengguntingan pita tanda peluncuran produk yang diprakarsai oleh PT CHZ. (Antaranews Kepri/Istimewa)

Batam (Antaranews Kepri) - PT Citra Harapan Zims (CHZ) meluncurkan beragam produk unggulan untuk memenuhi kebutuhan industri perikanan, pertanian dan perternakan sebagai pengganti bahan kimia dalam produksi di industri.

Direktur Utama PT CHZ, Syaugi Mohdar kepada Antara, Jumat (22/2) mengatakan peluncuran produk unggulan tersebut diyakini sebagai bentuk terobosan yang alami dan aman untuk lingkungan maupun makhluk hidup.

"Adapun produk yang diluncurkan kata Syaugi seperti Max, Agrizymes, Enerzymes hingga Aquazymes," kata dia.

Ia menjelaskan, Max adalah produk aditif biodiesel dan biofuel bermutu tinggi yang mampu meningkatkan efisiensi mesin sekaligus mengurangi polusi emisi.

"Max merupakan model produksi biofuel pertama di dunia yang tidak mengasilkan gliserol beracun bagi lingkungan hidup," kata dia.

Selain itu, produk untuk industri perikanan yang dapat mengurangi tekanan amonia dan mengubah bahan kimia beracun menjadi bentuk yang tidak berbahaya adalah Aquazymes. Produk ini kata Syaugi dapat digunakan juga dalam perikanan, perternakan aquaponics dan aquarium untuk meningkatkan kualitas air.

Selanjutnya ada Enerymes. Produk ini dapat menjadi penghilang bau dalam limbah fasilitas manajemen, tempat pembuangan sampah rumah tangga, dan mengusir serangga.

Sementara produk Agrizymes, lanjut Syaugi, merupakan produk yang diciptakan untuk mengubah bahan kimia berbasis pestisida pertanian ke pertanian organik bebas bahan kimia. Produk ini diformuasikan untuk meningkatkan hasil pertanian, perternakan, perkebunan dan bisa menghilangkan penggunaan pestisida kimoa dan antibiotiok hewan.

"Saat ini kami fokus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Batam dan banyak daerah lain di Indoneia yang memang masih bergantung pada produk kimia. Kedepannya tidak menutup kemingkinan produk yang kami ciptakan ini akan menyasar hingga ke luar negeri," jelasnya. (Antara)
 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar