Ribuan orang ramaikan jalan santai tolak politik uang

id Ribuan orang ramaikan jalan santai tolak politik uang

Ribuan orang ramaikan jalan santai tolak politik uang

Pembacaan deklarasi oleh Ketua Bawaslu didampingi Kapolres Lingga dan KPU Lingga (Ist)

Kualitas penerapan demokrasi itu bukan hanya ditentukan oleh pihak penyelenggara, namun juga seluruh elemen masyarakat
Lingga (ANTARA) - Ribuan masyarakat Kabupaten Lingga, memadati lapangan merdeka Dabosingkep untuk mengikuti jalan santai menuju Pemilu bersih, yang bertemakan tolak politik uang yang diselenggarakan oleh Badan pengawas Pemilu Kabupaten Lingga dengan dihadiri Bawaslu Kepri.

"Kegiatn ini merupakan bagian dari upaya dalam mengajak masyarakat untuk menjaga kualitas Pemilu, seperti menolak politik uang, hoax, politisasi sara, dan segala bentuk kecurangan yang bisa merusak nilai demokrasi," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga, Zamroni kepada Antara, Minggu.

Pada pelaksanaan jalan santai tersebut, Bawaslu Kabupaten Lingga juga membacakan deklarasi tolak politik uang yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Lingga dan diikuti oleh para Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga dan hadir juga Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho serta Komisioner Bawaslu Kepri.
Peserta Jalan Sehat Bawaslu (Ist)
Kegiatan tersebut juga diisi dengan penebaran puluhan spanduk ajakan, untuk menciptakan politik yang bersih dan berintegritas, dengan mengangkat budaya sastra melayu yaitu pantun-pantun ajakan untuk menjadi pemilih yang cerdas dan partisipatif. 

"Kualitas penerapan demokrasi itu bukan hanya ditentukan oleh pihak penyelenggara, namun juga seluruh elemen masyarakat," sebutnya.

Sementara itu Ketua Divisi bidang pencegahan Bawaslu Lingga Ardi Aulia mengatakan, apa yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Lingga ini diharapkan mampu menekan pelanggaran Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang, serta menjelang berakhirnya masa kampanye tiga hari sebelum waktu pencoblosan. 

"Ini adalah upaya kami untuk menciptakan pemilu yang bersih dan berintegritas," sebutnya.
Peserta jalan sehat dari berbagai komponen (Ist)
Fidya Asrina Komisioner Bawaslu lainnya mengatakan, selain melakukan upaya-upaya pencegahan Bawaslu Kabupaten Lingga juga sudah menyiapkan komponen ditingkat-tingkat TPS dan PPS untuk memperkuat pengawasan pada perhelatan pesta Demokrasi yang akan berlangsung pada 17 April 2019 mendatang, dengan memperkuat personil dilapangan mulai dari pencoblosan hingga penghitungan suara.

"Kita juga perkuat personil dibawah, untuk melakukan pengawasan, dan ini penting untuk memastikan Pemilu ini berjalan dengan Jurdil (Jujur dan Adil)," sebutnya. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE