Bawaslu Natuna ingatkan pendistribusian logistik libatkan pihak keamanan

id bawaslu natuna,logistik pemilu,pendistribusian logistik

Bawaslu Natuna ingatkan pendistribusian logistik libatkan pihak keamanan

Ilustrasi - Kapal kandas saat membawa logistik Pemilu ke Natuna. (Antaranews Kepri/Cherman)

KPU Natuna dalam mendistribusikan logistik tiap kecamatan, harus mengedepankan keamanan, jangan terulang lagi kejadian seperti itu

Natuna (ANTARA) - Ketua Bawaslu Kabupaten Natuna, Kharulrizal, mengingatkan KPU Natuna dalam mendistribusikan logistik nantinya harus melibatkan pihak keamanan.

Terkait kandasnya kapal yang membawa logistik Pemilu ke Natuna pada Jumat kemarin di perairan Bintan, Kepulauan Riau, Ia mengingatkan KPU Natuna agar kejadian tersebut jangan sampai terulang.

"Itu harus menjadi pelajaran penting, kita akan ingatkan itu nanti kepada KPU setelah logistik sudah menjadi tanggung jawab mereka di Natuna," kata Kharulrizal, kepada Antara, Sabtu (30/3)

Tidak hanya itu, ia juga menyayangkan pendistribusian logistik untuk Natuna terkesan asal-asalan.

"Distribusi logistik oleh KPU RI ke daerah dan KPU Provinsi ke Natuna, seolah-olah dokumen itu tidak penting, padahal seharusnya melibatkan pihak keamanan, ini hanya dititipkan kepada pihak kapal kargo tersebut," ujarnya.

Menurut Rizal, terkait titipan logistik itu, Bawaslu menduga kurangnya koordinasi antara KPU RI, dengan Provinsi atau KPU dengan pihak ketiga.

"Apakah SOP KPU tidak mengatur itu, atau memang melanggar SOP masih kita dalami," ucapnya.

Untuk sementara, lanjut Kharulrizal, Bawaslu meyakini pasti ada SOP yang dilanggar terkait distribusi tersebut.

"Kalau kami melihat ini tentu ada SOP yang dilanggar, seharusnya ada pengawalan," tegasnya.

Untuk itu, kata dia, Bawaslu telah berkoordinasi dengan Polres Natuna terkait kelanjutan pendistribusian logistik.

"Saat ini diketahui logistik tersebut sudah dipindahkan ke kapal lain untuk dibawa ke Ranai, jika tidak cepat diatasi, kita khawatir tahapan Pemilu akan terhambat," kata Ketua Bawaslu.

Masih menurut, Kharulrizal, setelah logistik tiba di Ranai dan menjadi tanggung jawab KPU Natuna maka Bawaslu akan ingatkan kembali KPU harus ada antisipasi dalam mendistribusikan logistik supaya tidak terjadi kendala yang sama.

"KPU Natuna dalam mendistribusikan logistik tiap kecamatan, harus mengedepankan keamanan, jangan terulang lagi kejadian seperti itu," pintanya.

Baca juga: KPU: logistik pemilu Natuna dalam kondisi aman setelah kapal pengangkut kandas

Baca juga: Kapal angkut logistik pemilu Natuna kandas

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE