Pendistribusian logistik pemilu di Natuna dibagi tiga sesi

id Distribusi pemilu, pemilu 2019, pemilu natuna

Pendistribusian logistik pemilu di Natuna dibagi tiga sesi

Ketua KPU dan Bawaslu dari seluruh kabupaten kota di Kepri mengikuti rapat koordinasi yang dipimpin Kapolda Irjen Pol Andap Budhi (Naim)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Natuna Kepulauan Riau membagi tiga sesi distribusi logistik Pemilu 2019 agar seluruhnya tiba di TPS tepat waktu.

"Kami rencanakan 3 ring dalam distribusi, ring 1 kecamatan yang jauh, ring 2 kecamatan pulau yang dekat dan ring 3 di pulau setempat," kata Ketua KPU Kabupaten Natuna, Junaidi Abdulla dalam rapat koordinasi Pemilu 2019 di Batam, Selasa.

Kabupaten Natuna merupakan daerah yang berlokasi di utara, berada di sekitar Laut Tiongkok Selatan.

Kabupaten itu terdiri dari ratusan pulau yang berbatasan laut dengan Vietnam, sehingga dibutuhkan strategi dalam distribusi logistik pemilu.

Untuk daerah yang berada pada wilayah ring 3, antara lain Pulau Subi, Pulau Serasan dan Pulau Laut, logistik akan dikirim lebih dulu.

"Kami akan sewa kapal, karena medannya jauh," kata dia.

Kemudian ring 2, yaitu 4 kecamatan pulau-pulau penyangga yang lokasinya dekat dengan pulau utama, di antaranya Pulau Tiga dan Bunguran Barat.

Dan ring 3, terdiri dari 5 kecamatan yang bisa dijangkau dengan transportasi darat.

"Kami sudah 'mapping'. Kalau koordinasi jalan terus dengan Kapolres dan koordinasi dengan Danlanal, untuk meminta bantuan bila terjadi gelombang besar," kata dia.

Namun, biasanya kondisi alam pada April relatif aman untuk dilayari.

Di tempat yang sama, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto langsung menugaskan Kapolres membantu KPU dalam distribusi logistik pemilu.

"Memang jadwalnya mulai tanggal 13, tapi lebih awal enggak masalah, sehingga distribusi di ring-ring itu terbagi dengan baik," kata Kapolda.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho mengatakan siap melakukan pengamanan distribusi kertas suara hingga ke pulau-pulau.

"Mohon Bawaslu Provinsi mengingatkan pentingnya pengamanan," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE