KPU Karimun siapkan tiga kapal angkut logistik pemilu

id KPU Karimun,logistik pemilu,pendistribusian logistik pemilu

KPU Karimun siapkan tiga kapal angkut logistik pemilu

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko (Antara News Kepri/Rusdianto)

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyiapkan tiga kapal untuk mengangkut logistik Pemilu 17 April 2019 ke pulau-pulau.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko di Tanjung Balai Karimun, Kamis mengatakan, tiga kapal tersebut direncanakan akan berlayar pada 13 April dari Tanjung Balai Karimun menuju lima pulau utama.

"Satu kapal berangkat ke Pulau Kundur, satu ke Pulau Ungar dan Durai, dan satu kapal lagi ke Pulau Buru dan Moro," ujarnya.

Dia memperkirakan logistik untuk lima pulau utama tersebut tiba dalam satu hari, dan selanjutnya akan didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan pada masing-masing kecamatan.

Kapal logistik tujuan Pulau Kundur, kata dia, mengangkut logistik untuk Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara dan Belat. Kapal tujuan Buru dan Moro mengangkut logistik untuk Kecamatan Buru dan Moro, sedangkan kapal tujuan Ungar dan Durai mengangkut logistik untuk Kecamatan Ungar dan Durai.

"Nanti di tingkat PPK, seluruh logistik akan didistribusikan ke seluruh Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada masing-masing kecamatan, dan paling lambat H-1 sudah tiba di setiap TPS," katanya.

Untuk pengamanan pendistribusian logistik, Eko mengatakan bahwa pihaknya telah meminta bantuan aparat kepolisian untuk melakukan pengamanan.

"Berapa jumlah personel pengamanan, itu tergantung kepolisian. Tapi yang jelas, seluruh rangkaian pendistribusian dikawal polisi," katanya.

Eko berharap pendistribusian logistik ke pulau-pulau berjalan lancar, dan penggunaan tiga kapal bertujuan untuk mempercepat proses pendistribusian.

"Mudah-mudahan berjalan lancar dan kondisi cuaca di laut juga baik sehingga tidak menghambat proses pendistribusian," kata dia.

Sementara itu, terkait kekurangan 200 lembar surat suara, Eko Purwandoko mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu penggantian dari KPU Provinsi Kepri.

Sekitar 200 lembar surat suara yang masih kurang tersebut terdiri atas surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Kepri dan DPRD Kabupaten Karimun dapil IV.

"Kita berharap secepatnya dikirim provinsi," katanya.

Baca juga: KPU Karimun gelar simulasi pemungutan suara

Baca juga: KPU Karimun uji coba Sistem Penghitungan Pemilu 2019

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE