KPU Karimun siapkan alat bantu coblos pemilih tunanetra

id alat bantu coblos,pemilih tunanetra,KPU Karimun,pendistribusian logistik

KPU Karimun siapkan alat bantu coblos pemilih tunanetra

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko memperlihatkan lembaran template alat bantu coblos untuk pemilih tunanetra, khusus untuk pemilihan presiden dan pemilihan anggota DPD.

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyiapkan alat bantu untuk mencoblos bagi pemilih tunanetra pada Pemilu 17 April 2019.

"Kita sudah menyiapkan 780 template alat bantu coblos untuk pemilih tunanetra, khusus untuk surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden dan pemilihan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD)," kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko di Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Eko Purwandoko mengatakan, 780 template alat bantu coblos berupa huruf braile tersebut didistribusikan ke 780 TPS. 

Mekanismenya, kata dia, petugas Kelompok Penyelenggara pemungutan Suara (KPPS) di TPS akan mendampingi pemilih tunanetra menggunakan alat bantu yang sudah berisi surat suara tersebut di bilik suara.

"Dengan demikian, pemilih tunanetra bisa lebih mudah menentukan pilihannya," katanya.

Sedangkan untuk pencoblosan surat suara untuk pemilihan anggota DPR, anggota DPRD provinsi dan DPRD kabupaten, menurut dia, tetap menggunakan surat suara biasa, tapi tetap dibantu petugas KPPS.

"Surat suara untuk pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten cukup besar, dan tidak ada gambar pasangan calon," katanya.

Untuk menjamin kerahasiaan hak pilih pemilih tunanetra, kata dia, petugas yang mendampingi di bilik suara harus membuat surat pernyataan menggunakan formulir C3.

Mengenai pendistribusian logistik, Eko mengatakan untuk empat kecamatan di Pulau Karimun Besar, yakni Kecamatan Karimun, Tebing, Meral, dan Meral Barat akan menggunakan truk yang berangkat secara berantai dari satu kecamatan ke kecamatan lainnya.

Sementara, untuk logistik daerah pulau akan didistribusikan dengan menggunakan tiga kapal, satu kapal ke Pulau Kundur untuk logistik Kecamatan Kundur, Kundur Barat, Kundur Utara dan Belat. Satu kapal untuk logistik Kecamatan Ungar dan Durai, dan satu kapal untuk logistik Kecamatan Buru dan Moro.

Logistik yang akan didistribusikan meliputi bilik suara dan lima kotak suara dalam kondisi tersegel yang berisi surat suara, berbagai jenis formulir isian dan perlengkapan lainnya.

"Pendistribusian logistik untuk daerah pulau kita rencanakan pada 13 April 2019," kata Eko Purwandoko.

Baca juga: KPU Karimun siapkan tiga kapal angkut logistik pemilu

Baca juga: KPU Karimun gelar simulasi pemungutan suara

Baca juga: KPU Karimun uji coba Sistem Penghitungan Pemilu 2019

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE