Ketua Bawaslu perintahkan jajaran perkuat pengawasan rekapitulasi suara

id Pengawasan,Rekapitulasi,Suara,Kecamatan,Tanjungpinang,Bawaslu

Ketua Bawaslu perintahkan jajaran perkuat pengawasan rekapitulasi suara

Bawaslu Tanjungpinang mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memperkuat pengawasan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau,  memperkuat pengawasan rekapitulasi suara di kecamatan yang mulai dilaksanakan Sabtu.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhamad Zaini, di Tanjungpinang mengaku menerima cukup banyak informasi terkait potensi kerawanan yang terjadi dalam tahapan rekapitulasi suara.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kelalaian maupun kecurangan dalam rekapitulasi suara, Zaini memerintahkan jajarannya untuk mengawasi tahapan tersebut.

"Kalau perlu dilakukan sistem piket supaya seluruh proses rekapitulasi diawasi secara maksimal," ujarnya.

Zaini juga mengajak pengurus organisasi mahasiswa, pramuka, LSM dan organisasi kemasyarakatan untuk mengawasi pelaksanaan rekapitulasi suara.

Jika ditemukan manipulasi data perolehan suara peserta pemilu, sebaiknya segera melaporkan kepada Bawaslu Tanjungpinang, katanya.

"Kami berharap para saksi peserta pemilu mengawasi rekapitulasi suara secara maksimal," tambahnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Tanjungpinang Andri Yudi mengatakan administrasi pemilu berupa hasil penghitungan suara sudah didistribusikan dari TPS ke Kecamatan Tanjungpinang Barat.

"Hari ini rekapitulasi suara dilaksanakan di dapil I (Tanjungpinang Barat-Tanjungpinang Kota) sedangkan dapil II (Tanjungpinang Timur), Minggu. Rekapitulasi suara pada dapil II (Bukit Bestari) dilaksanakan Senin," katanya.

Sementara, perolehan suara berdasarkan hasil perhitungan cepat KPU Tanjungpinang sudah mencapai 80 persen.

"Kami masih menunggu Formulir C1 dari sejumlah kelurahan di Kecamatan Tanjungpinang Timur," katanya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE