Warga Kampung Bugis gelar kenduri menyambut puasa

id Kenduri massal,Warga Kampung Bugis,kenduri menyambut puasa

Warga Kampung Bugis gelar kenduri menyambut puasa

Kendrui massal menyambut puasa di Kampung Bugis, Tanjungpinang, Kepri (Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - Ratusan warga Kampung Bugis, Tanjungpinang, Kepulauan Riau menggelar kegiatan kenduri massal untuk menyambut bulan suci Ramadhan di pasar pagi, wilayah setempat, Sabtu (27/4) malam.

Kenduri massal ini merupakan tradisi tahunan warga setempat yang diisi dengan berbagai acara keagamaan seperti tausiyah agama, zikir, doa, serta ditutup dengan makan bersama dan bersalam-salaman satu sama lainnya.

"Ini tahun kelima kami melaksanakan kenduri massal menyambut puasa," kata Hasan, selaku panitia pelaksana.

Menurut Hasan, kenduri massal ini bertujuan untuk mendoakan arwah-arwah yang terlebih dahulu telah menghadap Allah SWT. Entah itu para arwah orangtua, kerabat keluarga, maupun tokoh masyarakat sekitar.

"Sebentar lagi puasa, kita doakan mereka supaya selalu dicucuri rahmat dan ditempatkan di sisi Allah SWT," tuturnya.

Selain itu, kata Hasan, kenduri massal ini juga sebagai sarana untuk menjalin silaturrahmi bersama seluruh lapisan penduduk di Kampung Bugis.

"Kalau selama ini ada yang tidak bertegur sapa, momen jelang puasa inilah saatnya kita saling bermaaf-maafan," ucap Hasan.

Dari penelusuran Antara, warga yang datang ke lokasi kenduri massal ini tampak membawa berbagai juadah, mulai dari nasi dan lauk pauk, kuih-muih, aneka minuman dan berbagainya.

Juadah itulah yang kemudian dihidangkan di atas lantai beralas tikar. Usai berdoa, warga sambil duduk bersila terlihat lahap menyantap makanan yang ada. Suasana akrab diringi canda-tawa pun pecah.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE