KBRI dorong penguatan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional

id Kbri singapura,duta besar

KBRI dorong penguatan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional

Suasana lomba pidato dan bercerita bagi wna di KBRI Singapura. (Doc Pensosbud KBRI Singapura)

Lomba ini merupakan wadah untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi warga negara asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dan juga budayanya,
Batam (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Singapura mendorong penguatan bahasa Indonesia sebagai bahasa Internasional melalui lomba pidato dan bercerita yang diperuntukkan bagi penutur asing.

Duta Besar RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya kepada Antara di Batam, Senin (20/5) mengatakan lomba yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI ini sudah dilaksanakan sejak lima tahun terakhir di setiap tahunnya.

"Pesertanya merupakan pelajar maupun karyawan berusia 18-30 tahun dengan dua kategori perlombaan, yaitu lomba pidato dengan tema toleransi serta lomba bercerita yang diikuti 14 peserta," kata dia.

Ia menjelaskan masing-masing peserta harus menyiapkan sendiri materi, dan diberikan waktu tujuh menit untuk menyampaikan pidato atau ceritanya serta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dilakukan tim juri selama tiga menit.

"Lomba ini merupakan wadah untuk memberikan apresiasi dan motivasi bagi warga negara asing untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia dan juga budayanya," kata Dubes Ngurah Swajaya.

Dubes menyatakan bagi para pemenang nantinya akan mendapat kesempatan untuk mengikuti wsata budaya di Indonesia dan menghadiri upacara kenegaraan dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia di Istana Negara.

Deputy Chief of Mission (DCM) KBRI Singapura menambahkan, bagi WNA penutur Bahasa Indonesia tidak perlu khawatir. Sebab Bahasa Indonesia kini bisa digunakan di negara lain seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE