Pipa air bersih di Flyover Laluan Madani rusak

id Pipa air rusak, pipa bocor, atb batam

Pipa air bersih di Flyover Laluan Madani rusak

Titik kebocoran saluran pipa air bersih di Flyover Laluan Madani. (Humas ATB)

Kami sangat menyayangkan hal tersebut karena kebocoran pipa ini berpotensi merusak pondasi flyover dalam jangka panjang akibat tekanan air yang cukup besar,
Batam (ANTARA) - PT Adhya Tirta Batam (ATB) menyebut ada saluran pipa air bersih yang rusak di Flyover Laluan Madani, dan pihaknya akan segera memperbaiki pipa yang bocor pada median jalan sebelum Flyover yang berada di gedung M3G tersebut.

Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus, Senin, mengatakan pihaknya akan meminimalisir durasi dampak gangguan suplai air menjadi lima jam dari tahapan pekerjaan yang akan berlangsung selama 45 hari.

“Selain meminimalisir durasi dan area terdampak, proses perbaikan juga akan mengedepankan aspek kehati-hatian agar tidak mengganggu jalur lalu lintas flyover,” kata Maria.

Maria mengungkapkan, kebocoran terjadi di dalam abutment jembatan pada saat pembangunan pondasi flyover. Diduga, kerusakan pipa air bersih ATB diakibatkan oleh pihak pelaksana dan yang bersangkutan tidak melaporkan kerusakan tersebut.

"Kami sangat menyayangkan hal tersebut karena kebocoran pipa ini berpotensi merusak pondasi flyover dalam jangka panjang akibat tekanan air yang cukup besar,” katanya.

Ia pun menyatakan ATB sudah mengidentifikasi kebocoran tersebut sejak dini. Namun, tingkat kesulitan yang cukup tinggi, di antaranya yaitu proses pengurusan izin yang cukup memakan waktu serta kondisi jalur lalu lintas flyover yang ramai, sehingga langkah perbaikan baru bisa dilakukan.

Lebih lanjut, perbaikan terhadap pipa steel ukuran 600 mm akan dilakukan mulai tanggal 10 Juni 2019. Untuk meminimalisir dampak bagi pelanggan, ATB akan melakukan pengerjaan relokasi.

Pekerjaan relokasi dimulai dengan pembuatan jalur pipa baru dengan memasang pipa PE 225 dan PE 160 di luar area bocor, yakni pada sebelum dan setelah potensi bocor. Pengerjaan ini sekaligus untuk perbaikan suplai di komplek Baloi One Resident, Baloi Mas, Batu Batam, Anggrek Permai, dan sekitarnya.

Setelah jalur baru selesai, maka distribusi air akan dialihkan melalui jalur baru sehingga gangguan suplai hanya akan terjadi saat pemindahan jalur distribusi. Estimasi waktu yang dibutuhkan untuk pemindahan jalur distribusi sekitar 5 jam.

“ATB akan menginformasikan kepada pelanggan dua hari sebelum gangguan terjadi. Area terdampak adalah Baloi Mas dan sekitarnya,” jelasnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE