KP Yudistira-8003 perkuat pengamanan di perairan Kepri

id Kp yudistira 8003

KP Yudistira-8003 perkuat pengamanan di perairan Kepri

KP Yudistira-8003 saat bersandar di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar Batam. (Humas Polda Kepri)

Kapolri menunjuk KP Yudistira-8003 untuk beroperasi di perairan Kepri agar dapat menjalankan fungsi pengamanan dan pencegahan gangguan kamtibmas di wilayah perbatasan,
Batam (ANTARA) - Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menempatkan KP Yudistira-8003 di wilayah hukum Polda Kepri agar dapat memperkuat pengamanan dan keamanan di wilayah perairan setempat, yang secara khusus berbatasan langsung dengan beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

"Kapolri menunjuk KP Yudistira-8003 untuk beroperasi di perairan Kepri agar dapat menjalankan fungsi pengamanan dan pencegahan gangguan kamtibmas di wilayah perbatasan," kata Direktur Polair Korpolairud Baharkam Polri, Brigjen Pol Lothariya Latif di Dermaga Utara Pelabuhan Batuampar Batam, Sabtu.

Latif mengatakan, kapal berukuran dengan panjang 73 meter dan lebar 11,35 meter ini telah menambah kekuatan armada Polri dalam menjaga kedaulatan di perairan NKRI.

"Saat ini Polri memiliki tiga kapal besar, dua di antaranya ditempatkan di perairan Kepri, yakni KP Baladewa 8002 dan KP Yudistira 8003. Sementara satu armada bernama KP Bisma ditempatkan di perairan Sulawesi," kata dia.

Ia menyebutkan, kapal yang memiliki kecepatan 18 knot dengan bobot seribu ton ini selain menjalankan fungsi preventif juga akan melaksanakan fungsi pre-emtif berupa kegiatan sambang nusa di pulau terluar, terdepan dan terpencil (3T).

"Ini bisa dimanfaatkan untuk menyentuh masyarakat yang jauh, dengan kita bisa memberikan program-program pemerintah terhadap mereka, dan kendali tersebut dipegang oleh bapak Kapolda Kepri," ucapnya.

Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto menyambut baik hadirnya KP Yudistira-8003 yang di awaki oleh AKBP Handoyo Santoso bersama 30 personel lainnya. Kapal terbesar yang dimiliki Polri ini kata dia akan menyuarakan kembali jati diri bangsa sebagai negara dengan poros maritim dunia.

"Semoga masyarakat di Kepri merasakan kehadiran kita ditengah-tengah mereka yang terus berusaha memberikan pengabdian terbaik untuk bangsa dan negara," tuturnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE