Bandara Hang Nadim laksanakan latihan penanggulangan keadaan darurat

id penaggulangan keadaan darurat,hang nadim batam

Bandara Hang Nadim laksanakan latihan penanggulangan keadaan darurat

Para peserta pelatihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) mendengarkan penjelasa dari Direktur BUBU Bandara Internasional Hang Nadim Batam. Pelatihan PKD akan dilaksanakan pada November 2019 mendatang. (Foto: Humas BP Batam).

Batam (ANTARA) - Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau akan mengadakan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) atau Airport Emergency Plan pada November 2019 mendatang.

Direktur BUBU Bandara Internasional Hang Nadim Batam, Suwarso, di Batam, Senin, mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan personel dan fasilitas Bandara terhadap segala jenis situasi darurat yang dapat terjadi, atau yang mengancam kegiatan operasional penerbangan dan pelayanan terhadap pengguna jasa Bandar Udara.

"PKD ini rencananya akan dilaksanakan di bulan November 2019 dan akan melibatkan para stakeholder baik instansi pemerintah maupun swasta," katanya.

Kata dia, pihaknya sangat memerlukan bantuan dan koordinasi dari para "stakeholder" dan seluruh pihak terkait agar kegiatan PKD dapat berlangsung dengan baik.

"BP Batam sebagai pengelola Bandara Hang Nadim Batam akan mendukung penuh segala persiapan latihan pelaksanaan kegiatan PKD," jelassnya.

Menurutnya, berdasarkan Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009 program PKD di bandara minimal dilaksanakan dua kali dalam setahun.

"Kita diberikan waktu 120 hari setelah dibentuknya Komite Penanggulanan Keadaan Darurat (PKD) Bandara Hang Nadim Batam," jelasnya.

Kasubdit Peralatan dan Pelayanan Darurat Bandar Udara Bandar Udara Kementerian Perhubungan RI, 
Nazarudin Ahmad, menjelaskan,
PKD sangat penting.

Terutama yang berada di dalam lingkungan Bandara Hang Nadim.

"Karena kita semua yang akan bertanggung jawab atas keselamatan jiwa para pengguna jasa Bandara," paparnya.

Karena itu lanjutnya, semua stakeholder yang berada di Bandara Hang Nadim harus mengetahui apa-apa saja yang dilakukan dalam menghadapi dan menanggulangi kondisi keadaan darurat.

"Kita ingin mengkoordinasikan secara cepat, tepat dan efektif dalam menanggulangi keadaan kondisi terjadinya keadaan darurat kebakaran di Bandara Hang Nadim," paparnya.

Kata dia, dalam PKD ada beberapa latihan yang diberikan kepada para stakeholder di kawasan Bandara Hang Nadim sesuai dengan dokumen emergency exercise. 

"Pelatihan akan kita laksanakan pada bulan November 2019," jelasnya.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE