Pelindo I luncurkan aplikasi pemesanan tiket "Nyebrang Yuk"

id Aplikasi nyebrang yuk

Pelindo I luncurkan aplikasi pemesanan tiket "Nyebrang Yuk"

Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputera Kepri dan Plt. Gubernur Kepri, Isdianto beserta tamu undangan lainnya melepaskan balon ke udara sebagai tanda peresmian aplikasi Nyebrang Yuk, di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepri, Minggu (28/7). (Foto. Humas Pelindo I)

Tanjungpinang (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) meluncurkan aplikasi "Nyebrang Yuk" sebuah layanan E-Commerce untuk pemesanan tiket kapal laut di seluruh Indonesia.

Dengan mengakses aplikasi Nyebrang Yuk, masyarakat tidak perlu lagi bertatap muka ataupun mengantre untuk mendapatkan tiket penyeberangan antarpulau kapan dan di mana saja secara online.

"Nyebrang Yuk merupakan aplikasi pemesanan tiket kapal penyeberangan antarpulau perdana di Indonesia milik Pelindo I," kata Direktur Operasi dan Komersial Pelindo I, Syahputera Sembiring saat peluncuran aplikasi ini di Gedung Daerah Tanjungpinang, Kepri yang dihadiri oleh Plt. Gubernur Kepri Isdianto, Deputi Kepala Perwakilan BI Kepri Gunawan, Staf Ahli Pemkot Tanjungpinang Bidang Ekonomi dan Pembangunan Marzul Hendri, Direktur Operasi, dan General Manager Pelindo 1 Cabang Tanjung Pinang Arif Indra Perdana, Minggu (28/7).

Menurut Syahputra, saat ini Nyebrang Yuk sudah bisa dinikmati oleh masyarakat yang berangkat dari Terminal Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang menuju Batam, kemudian nantinya juga bisa ke berbagai daerah tujuan lainnya, seperti Tanjung Balai Karimun, Galang, Moro, Tanjung Batu, Pulau Bukit, Tajur Biru, Sei Tenam, Senayang, Pancur, Cempa, Mensana, Dabo Singkep (Jago).

Nyebrang Yuk untuk pertama kali diimplementasikan di terminal penumpang SBP dengan langkah awal menggandeng perusahaan pelayaran Marina Group. Selanjutnya aplikasi ini akan bekerja sama dengan para operator pelabuhan dan perusahaan pelayaran lainnya di seluruh wilayah di Indonesia untuk menggunakan aplikasi ini.

"Tujuan digitalisasi ini untuk layanan yang cepat, tepat, dan akurat yang semakin memudahkan masyarakat,” ungkapnya.

Ia menyampaikan, aplikasi Nyebrang Yuk ini mampu memberikan data penumpang secara digital di setiap pelayaran yang divalidasi menggunakan kartu identitas penumpang secara realtime. Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play dan akan hadir di App Store pada pertengahan bulan Agustus mendatang.

Aplikasi yang mudah dioperasikan ini, kata dia, membuat masyarakat bebas memilih kapal dan destinasi yang diinginkan yang dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran elektronik (cashless).

Selain melalui aplikasi Nyebrang Yuk, masyarakat juga bisa membeli langsung tiket kapal laut di terminal penumpang SBP melalui Self Service Kiosk dengan sistem pembayaran menggunakan ATM.

“Aplikasi Nyebrang Yuk dan Self Service Kiosk mendukung Kota Tanjungpinang dalam mengembangkan konsep smart city," ujarnya.

Ia menambahkan, aplikasi ini menjadi pilot project untuk seluruh pelabuhan penumpang di Indonesia yang juga diharapkan mampu mendorong sektor pariwisata yang mampu memudahkan wisatawan untuk membeli tiket secara online dari mana saja.

"Kini nyebrang makin gampang karena dengan Nyebrang Yuk. Masyarakat tinggal pilih, bayar, dan nyebrang,” tutur Syahputera.

Sementara itu, Plt Gubernur Kepri, Isdianto turut mengapresiasi aplikasi gagasan Pelindo I yang semakin memudahkan masyarakat.

Kata Isdianto, Aplikasi ini menjadi wujud keseriusan Pelindo I dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menggunakan dan memanfaatkan aplikasi ini, dan semoga akan ada berbagai inovasi baru dari Pelindo I dalam memberikan layanan terbaik untuk masyarakat,” sebut Isdianto.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE