Pembayaran di RSBP Batam akan menggunakan uang digital

id uang digital,RSBP Batam

Pembayaran di RSBP Batam akan menggunakan uang digital

Direktur RSBP Batam Sigit Riyarto (ANTARA/Messa Haris)

Batam (ANTARA) - Pembayaran pelayanan di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam tidak lagi dengan uang tunai melainkan uang digital.

Diretur RSBP Batam, Sigit Riyarto, di Batam, mengatakan, pembayaran dengan menggunakan uang digital sudah menjadi aktivitas sehari-hari yang dilakukan masyarakat Indonesia tidak terkecuali di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Ya suatu saat kita pasti akan menjalankan itu (pembayaran dengan uang digital)," katanya, Rabu.

Sigit menjelaskann saat ini pihaknya sudah bekerjasama dengan dClinic untuk menjalankan teknologi kesehatan berbasis digital.

"Teknologi ini (blockchain) nantinya akan sangat diperlukan masyarakat dan kita senang bisa bersama mereka dan RSBP sebagai pionernya (teknologi kesehatan berbasis digital," jelasnya.

Kata dia, para pakar blockchain hari ini berkumpul di Kota Batam, Provinsi Kepuluan Riau untuk mendukung pelayaban kesehatan berbasis digital yang akan dijalankan RSBP Batam.

"Dalam waktu dekat ini dClinic akan membangun fasilitasnya di RSBP Batam dan segera dapat dinikmati masyarakat," paparnya.

Menurutnya, saat ini pemerintah juga sedang mencari cara agar sistem pembayaran digital lebih aman dan tidak mudah dibobol oleh para pelaku kejahatan digital.

"Kita menunggu sampai ada regulasi yang tepat dan pada prinsipnya financial technology (fintech) dengan uang digital tidak bisa kita hindari," ujarnya.

Namun saat ini kata dia, masih banyak celah yang bisa dimanfaatkan para pelaku kejahatan siber untuk membajak sistem digital. 

"Tapi yang jelas uang digital sudah menjadi keseharian kita dan itu tidak bisa kita hindari dan suatu saat kita akan menjalankan itu (pembayaran dengan uang digital)," jelasnya.

Sebelumnya RSBP Batam dan dClinic menandatangani kontrak untuk menjalankan sejumlah proyek di Batam.

dClinic telah melibatkan Deloitte & Touche Financial Advisory Services Pte Ltd sebagai penasihat utama untuk proyek ini dengan nilai kontrak 140 juta dolar Amerika.

Beberapa proyek itu yaitu peresmian Batam Medical Blockchain, dan meningkatkan Private Healthcare Blockchain dClinic yang akan diselenggarakan di Pusat Data BP Batam yang telah diperbarui.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE