BP Batam rangsang minat baca melalui lomba

id lomba menulis bp batam,minat baca batam,lomba mendongeng batam

Pengunjung tengah memperhatikan barisan koleksu buku di Perpustakaan BP Kawasan Batam, Kepulauan Riau. (Humas BP Batam)

Batam (ANTARA) - Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam merangsang minat baca masyarakat dengan melaksanakan berbagai lomba.

"Kami selenggarakan lomba sempena Hari Bhakti. Lomba karya tulis tingkat SLTA dan perguruan tinggi, juga kalangan internal," kata Humas BP Kawasan Batam, Yudi, Selasa.

Lomba yang digelar antara lain menulis opini dan menulis resensi buku.

Menurut dia, lomba itu relatif efektif merangsang minat baca siswa, mahasiswa dan pekerja di lingkungan BP Kawasan Batam.

Ia mengakui, minat baca warga Batam relatif rendah. Itu terlihat dari jumlah pengunjung Perpustakaan BP Kawasan Batam, yang merupakan pustaka terbesar di daerah itu.

"Dalam sehari, pengunjung yang datang 10 sampai 30 orang. Minat baca masih kurang," kata Yudi yang pernah ditempatkan di Perpustakaan BP Batam.

Karenanya, kata dia melanjutkan, semua pihak harus bekerja sama mendorong masyarakat untuk menumbuhkan minat baca.

Perpustakaan BP Batam sendiri dilengkapi lebih dari 13.000 koleksi buku dari 10 kategori, antaranya umum, kesehatan, agama dan teknologi.

Selain menyelenggarakan berbagai lomba dan merawat buku di perpustakaan, BP Batam juga kerap memberikan buku kepada siswa yang berkunjung ke perpustakaannya, untuk merangsang minat baca.

"Kami memberikan buku yang kami cetak sendiri," kata dia.

Terpisah, Humas Pemkot Batam, Efrius mengatakan pihaknya juga menyelenggarakan lomba untuk merangsang minat baca masyarakat.

"Lomba minat baca melalui mendongeng, pidato, bercerita, dan cerdas cermat. Pelaksanaannya bulan lalu," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar