Mendikbud luncurkan digitalisasi sekolah di Natuna

id Mendikbud, digitalisasi sekolah, natuna

Mendikbud luncurkan digitalisasi sekolah di Natuna

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P meluncurkan program digitalisasi sekolah di Gedung Sri Serindit, Ranai, Bunguran Timur, Natuna, Rabu (18/9) sore. (cherman)

Ranai (ANTARA) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhajir Effendy meluncurkan program digitalisasi sekolah di Gedung Sri Serindit, Ranai, Bunguran Timur, Natuna, Rabu sore.

"Bapak Presiden memberikan arahan ke setiap menteri termasuk Mendikbud harus memberikan perhatian ke wilayah pinggiran, perbatasan atau 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar)," kata Muhajir Effendy dalam sambutannya.

Ia mengatakan, Mendikbud pun diarahkan penggunaan teknologi informasi untuk pendidikan khususnya di wilayah perbatasan dan hari ini adalah peluncurannya. 

"Memang kita sudah menggunakan smartphone saat ini, tapi hanya sekedar alat komunikasi dan belum dimanfaatkan dalam proses pembelajaran," kata Mendikbud. 

Ia berharap Natuna menjadi contoh program digitalisasi sekolah untuk kabupaten dan kota lainnya di seluruh Indonesia. 

"Untuk para guru harus mempelajari materi-materi yang sudah ada di platform yang dikeluarkan oleh Kemendikbud, yaitu platform Rumah Belajar sehingga anak-anak kita tidak sembarang mendapatkan informasi dari dunia maya," imbaunya.

Menurutnya, diluncurkannya digitalisasi sekolah ini tidak mengesampingkan pembelajaran konvensional tatap muka guru dan siswa, cara konvensional tetap sangat diperlukan. 

"Tidak ada pilihan lain bagi guru sekarang untuk menguasai teknologi informasi agar dapat memberikan pelajaran kepada siswa supaya ideologi menyimpang yang saat ini marak terjadi tidak menyebar ke siswa," ujarnya.

Peluncuran ditandai dengan penekanan tombol tablet dalam mengakses portal Rumah Belajar. Penyerahan bantuan secara simbolis oleh Mendikbud, dikesempatan yang sama pula dilakukan Pemutaran Video Digitalisasi Sekolah, Simulasi praktik pembelajaran digitalisasi sekolah melalui tablet oleh perwakilan guru dengan siswa dan penandatanganan prasasti peresmian bantuan pembangunan bidang pendidikan oleh Mendikbud.

Sebelumnya, laporan Sekjend Kemendikbud, Didik Suhardi, menyampaikan bahwa Mendikbud memberikan sarana Teknologi Informasi seperti Laptop, prasarana komputer, router dan wireless wifi ke 38 sekolah SD, SMP, SMA dan SMK se-Kabuoaten Natuna.

" Tablet berjumlah sekitar 1.200 buah ke siswa SD, SMP, SMA, SMK," ungjapnya.

Ia menyampaikan digitalisasi sekolah adalah terobosan baru yang dapat membantu proses pembelajaran di sekolah dengan bantuan dari kemajuan teknologi informasi sehingga dapat memudahkan pembelajaran siswa dan guru. 

" Hari ini pun kami akan memberikan Kartu Indonesia Pintar, meluncurkan Program Kesetaraan dan Bimbingan Calon Fasilitator," kata Didik.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan SK Pusat Sumber Belajar Program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) berbasis zonasi yang diberikan oleh Bupati Natuna kepada 3 sekolah terpilih yaitu SD 001 Ranai, SMPN 1 Bunguran Timur dan SMPN 2 Bunguran Timur.

Kegitan dihadiri seluruh kepala sekolah baik SD, SMP, SMA dan SMK se - Kabupaten Natuna.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar