BNPP berencana rekrut pemuda asli Natuna

id BNPP, SAR Natuna, Basarnas

BNPP berencana rekrut pemuda asli Natuna

Kepala BNPP RI, Marsekal Madya Bagus Puruhito di dampingi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolomgan Natuna saat lawatannya ke Natuna, Rabu pagi. (cherman)

Ranai (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) akan menambah jumlah personil di Natuna dengan merekrut putra daerah setempat. 

Perekrutan perlu dilakukan karena Natuna menjadi prioritas pemerintah pusat dan status Pos SAR Natuna saat ini telah berubah menjadi Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Natuna.

"Bahwa Natuna merupakan salah satu daerah yang menjadi prioritas bagi BNPP, daerah ini juga merupakan salah satu daerah di perbatasan yang mesti mendapatkan perhatian khusus," kata Kepala BNPP RI, Marsekal Madya Bagus Puruhito saat lawatannya ke Natuna, Rabu pagi.

Disamping itu, menurutnya Kantor Pencarian dan Pertolongan kelas B Natuna membawahi dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Natuna salah satu prioritas untuk penambahan personel dan alat utama, namun semua itu tergantung pada ketersediaan anggaran,” kata Bagus.

Ia juga mengatakan saat ini BNPP RI hanya memiliki anggota sebanyak 3.500 orang, tersebar di 44 kantor SAR seluruh Indonesia. 

"Itu jumlah baik yang bertugas sebagai administrasi kantor, maupun team rescue dilapangan. Seharusnya sepuluh ribu, karena itu kita berencana akan memprioritaskan putra asli daerah untuk di rekrut sebagai personil Basarnas Natuna," ungkapnya.

Selain itu, tahun ini BNPP juga akan menambah Alat Utama (Alut) Operasi SAR, seperti pembelian helikopter dan penambahan armada kapal.

“Kita belanja Alut tahun ini, namun masih diatur penempatannya dimana saja. Natuna dapat tambahan kapal, tapi tidak sebesar yang ada sekarang," jelasnya.

Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar