Kasus dugaan korupsi Jaspel BLUD RSUD Dabo ditingkatkan ke penyidikan

id Kasus dugaan korupsi Jaspel BLUD RSUD Dabo ditingkatkan ke penyidikan,lingga,jaspel

Kasus dugaan korupsi Jaspel BLUD RSUD Dabo ditingkatkan ke penyidikan

Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Rangga Primazada, S.H, S.I.K (Nurjali)

Isu tersebut mendapat perhatian publik karena akan adanya penghentian pelayanan yang dilakukan oleh sejumlah tenaga kesehatan/tenaga pedukung di RSUD Dabo
Lingga (ANTARA) - Kasus dugaan korupsi Jasa Pelayanan (Jaspel) di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabosigkep, akhirnya ditingkatkan ke penyidikan setelah jajaran penyidik Polres Lingga melakukan penyelidikan kasus tersebut.

Dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan anggaran BLUD RSUD Dabo tahun anggaran 2018 ini, bermula dari adanya polemik internal yang terjadi di RSUD Dabo pada sekitar bulan Februari 2019 terkait tidak dibayarkannya dana Jaspel tahun anggaran 2018.

"Isu tersebut mendapat perhatian publik karena akan adanya penghentian pelayanan yang dilakukan oleh sejumlah tenaga kesehatan/tenaga pedukung di RSUD Dabo," kata Kapolres Lingga AKBP Joko Adi Nugroho melalui Kasat Reskrim Polres Lingga,  AKP Rangga Primazada, kepada Antara, Selasa.

Atas hal tersebut Polres Lingga bertindak cepat dengan melakukan penyelidikan yang dimulai sejak tanggal 04 Februari 2019, dan setelah melakukan serangkaian penyelidikan Polres Lingga meningkatkan status dari penyelidikan menjadi penyidikan. 

Dalam proses penyelidikan tersebut penyidik kepolisian Polres Lingga telah melakukan klarifikasi terhadap 35 orang pihak terkait, serta melakukan penelitian dokumen dan berkonsultasi dengan ahli dari Direktorat BLUD, BUMD dan Barang Milik Daerah di Kemendagri.

Setelah itu ditemukan adanya penggunaan anggaran yang tidak wajar, serta tidak dilaksanakan sesuai dengan ketentuan mengenai pola pengelolaan keuangan pada BLUD yang perpotensi atau berdampak pada kerugian keuangan negara.

Dalam melakukan penyelidikan kasus tersebut, Kepolisian Resort Lingga untuk pengungkapan tindak pidana korupsi tersebut, juga menggandeng APIP (Aparat Pengawas Internal Pemerintah) untuk melakukan audit investigasi bersama. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE