Bupati Natuna resmikan pelabuhan senilai Rp4,371 miliar

id Natuna, pelabuhan, DAK 2019, dishub natuna, perhubungan natuna

Bupati Natuna resmikan pelabuhan senilai Rp4,371 miliar

Foto bersama Bupati Natuna, Hamid Rizal usai peresmian Pelabuhan Teluk Baruk, Sepempang, Bunguran Timur, Natuna, Selasa (31/12). (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Bupati Natuna Hamid Rizal meresmikan pelabuhan yang selesai dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus Fisik Afirmasi Bidang Transportasi 2019 senilai Rp4,371 miliar di Teluk Baruk, Desa Sepempang, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Selasa.

“Pelabuhan merupakan sarana penting bagi daerah kepulauan seperti Natuna, untuk mendukung konektivitas dan membuka keterisolasian,” Kata Bupati Natuna, Hamid Rizal dalam sambutannya.

Dengan diresmikan pelabuhan ini, kata Hamid, mempermudah masyarakat untuk meningkatkan mobilisasi manusia dan barang khususnya hasil tangkapan ikan para nelayan.

“Natuna memang membutuhkan banyak pelabuhan. Apalagi luas wilayah Natuna 90 persen lebih didominasi oleh lautan,” Jelas Hamid.

Ia juga berharap Pelabuhan Teluk Baruk dapat dimanfaatkan secara maksimal, baik oleh masyarakat Natuna pada umumnya dan warga Sepempang khususnya.

“Dirawat dengan baik, jangan hanya bisa membangun, tapi merawat tak bisa, ” Pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Natuna, Iskandar Dj mengatakan pembangunan meliputi pekerjaan pelabuhan, ruang tunggu, pembuatan rambu laut 2 unit, pintu gerbang dan area parkir.

"Kedepannya, Dinas Perhubungan akan mengusulkan pengerukan alur laut," kata Iskandar.

Sehingga, lanjut dia, pelabuhan dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi nelayan dan untuk mendukung bidang pariwisata Pulau Senoa.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan pembangunan berjalan lancar dan tidak ada kendala berkat adanya partisipasi masyarakat setempat.

"Pembangunan tidak ada pembebasan lahan pelabuhan, ini merupakan milik masyarakat yang telah diwakafkan kepada pemerintah Kabupaten Natuna," ungkapnya.

Di samping peresmian pelabuhan Teluk Baruk, Pemerintah Kabupaten Natuna juga menyerahkan bantuan baju pelampung (life jacket) secara simbolis kepada nelayan Natuna.

Peresmian pelabuhan dihadiri Sekda Natuna Wan Siswandi, Ketua DPRD Natuna Andes Putra, FKPD dan OPD.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE