Legislator Karimun berharap Paras bantu himpun aspirasi masyarakat

id perkumpulan urang sunda,paras karimun,charli donna

Legislator Karimun berharap Paras bantu himpun aspirasi masyarakat

Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Ketua Paras WR Adji berjabat tangan usai pemotongan tumpeng, disaksikan anggota DPRD Kepri Raja Bakhtiar (3 kiri belakang), anggota DPRD Karimun Charli Donna Sitorus (2 kanan), Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Abu Samah (kanan) dan pejabat lainnya. ANTARA/Rusdianto

Tanjung Balai Karimun (ANTARA) - Anggota DPRD Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Charli Donna Sitorus berharap perkumpulan kesukuan seperti Perkumpulan Urang Sunda (Paras) yang baru terbentuk, dapat membantu pemerintah daerah dan lembaga legislatif untuk menghimpun dan mengidentifikasi aspirasi masyarakat untuk kepentingan pembangunan.

"Dengan munculnya wadah seperti Paras ini, kami di legislatif maupun pemerintah daerah sangat terbantu dalam upaya mengidentifikasi permasalahan sosial serta menghimpun aspirasi masyarakat," tutur Charli Donna Sitorus menanggapi deklarasi pendirian Paras di Gedung Nasional, Tanjung Balai Karimun, Minggu (11/1) malam.

Politikus perempuan asal Partai Kebangkitan Bangsa ini mengemukakan, sebagai makhluk sosial, setiap manusia tentunya tidak bisa hidup sendiri, tetapi membutuhkan orang lain dalam mewujudkan satu visi dan misi, yakni membangun tali silaturahmi dan kebersamaan.

"Sebagai wakil rakyat, kita mendorong terbentuknya wadah-wadah seperti ini dan tentunya memiliki tujuan untuk mempersatukan masyarakat," kata Charli Donna yang biasa disapa Donna.

Dia juga mengapresiasi kehadiran wadah-wadah kesukuan di Karimun telah memberikan kontribusi dalam mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

"Masyarakat Karimun yang beranekaragam dan berbilang suku sangat kompak, itu terbukti dengan Kondisi Karimun yang sudah sejak lama sangat kondusif, dan ini modal besar bagi pemerintah untuk melaksanakan pembangunan," kata dia.
Anggota DPRD Karimun Charli Donna Sitorus (kiri) saat menghadiri deklarasi pembentukan Perkumpulan Urang Sunda (Paras) Karimun, Minggu (11/1) malam. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Deklarasi pembentukan Paras juga disaksikan oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq yang dalam kesempatan itu mengharapkan agar Paras bisa berperan aktif membangun Karimun.

"Dan bergandengan tangan dengan paguyuban lain dalam menjaga Karimun agar tetap kondusif, sehingga pembangunan bisa berjalan dengan baik," kata dia.

Kepengurusan Paras untuk periode pertama, 2020-2025 dipercayakan kepada seniman lokal Karimun, Wrachma Rachladi Adji.

Menurut Adji, panggilan akrabnya, Paras hadir dilatarbelakangi keinginan bersama untuk membangun kehidupan sosial dan budaya yang lebih di kalangan orang-orang Sunda di perantauan, khususnya di Kabupaten Karimun.

"Dengan wadah Paras ini, kami ingin berkumpul, bercerita dan belajar bersama atas dasar sama-sama ingin mewujudkan kebahagiaan. Sebagai keluarga 'Super' (Sunda Perantauan), kami juga mendeklarasikan diri untuk mendukung pembangunan di Karimun," kata dia.

Adji mengemukakan Paras yang bergerak di bidang sosial dan budaya, akan melaksanakan berbagai program untuk menggali potensi, bakat dan keterampilan orang-orang Sunda untuk meningkatkan taraf hidup menjadi lebih baik.

"Salah satu program yang akan kita laksanakan bagaimana membangun sumber daya manusia yang kreatif, dan tentunya bersinergi dengan suku-suku lain, pemerintah daerah maupun swasta," ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, anggota DPRD Kepri dapil Karimun Raja Bakhtiar, Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Abu Samah dan pejabat terkait lainnya.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar