Petani Bengkulu enggan tanam jagung bantuan

id Mukomuko,Benih jagung bantuan pemerintah

Petani Bengkulu enggan tanam jagung bantuan

Salah satu lahan tanaman jagung yang kekeringan akibat kemarau di Kabupaten Mukomuko.(Foto Istimewa)

Mukomuko (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan mayoritas petani enggan menanam benih jagung jenis varietas umum tiga bantuan dari pemerintah karena produktivitasnya rendah dan sulit tumbuh di lahan pertanian di daerah itu.

"
Tahun ini petani mendapatkan bantuan benih jagung dari pemerintah, tetapi hampir mayoritas petani enggan menanam benih jagung jenis varietas umum tiga hasil produksi dalam negeri itu," kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Sugiyanto di Mukomuko, Rabu.

Kabupaten Mukomuko Tahun 2020 ini kembali mendapatkan bantuan benih jagung dari pemerintah pusat untuk mengembangkan tanaman pertanian di lahan seluas 2.500 hektare milik petani setempat.

Lahan seluas 2.500 hektare tersebar di lahan persawahan di Kecamatan Lubuk Pinang seluas 1.457 hektare, seluas 250 hektare di Kecamatan Air Manjuto, seluas 398 hektare di Kecamatan Selagan Raya.

Kemudian seluas 150 hektare di Kecamatan Teras Terunjam, seluas 150 hektare di Kecamatan Malin Deman, seluas 90 hektare di Kecamatan XIV Koto dan seluas 120 hektare di Kecamatan V Koto.

Ia mengatakan, mayoritas petani di daerah itu enggan menanam benih jagung hasil produksi dalam negeri tersebut karena petani pernah gagal menanam benih jagung jenis yang sama.

Menurutnya, benih jagung dengan jenis verietas umum tiga ini tidak cocok untuk semua lahan pertanian milik petani di daerah itu. Benih jagung ini cocok di lahan pertanian yang subur, sementara lahan pertanian untuk tanaman jagung di Mukomuko itu berbagai jenis, mulai dari lahan kering, rawa dan lahan persawahan yang belum ditanami tanaman padi oleh petani.

Menurutnya, benih jagung yang selama ini cocok untuk ditanam di lahan pertanian milik petani di daerah itu adalah benih jagung dengan jenis varietas umum dua, seperti NK, yang merupakan benih jagung impor dari luar negeri.

"
Selama ini petani menggunakan benih jagung jenis verietas umum dua ini karena benih jagung dengan jenis ini mudah tumbuh di semua lahan pertanian milik petani di daerah ini," ujarnya.

Kendati demikian, ia mengatakan, instansinya tetap akan mengusulkan bantuan benih jagung untuk petani yang bersedia menanam benih jagung dengan jenis ini kepada pemerintah pusat.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE