Kantor Pelabuhan tidak perlu periksa ulang WNI dari Natuna

id Warga Jatim, pulau Natuna, pemprov Jatim

Kantor Pelabuhan tidak perlu periksa ulang WNI  dari Natuna

Warga negara Indonesia (WNI) asal Jatim saat datang di Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya (Antara/Indra)

Sidoarjo (ANTARA) - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Surabaya dr. Muhammad Budi Hidayat mengatakan jika pihaknya tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan ulang kepada WNI Jawa Timur yang baru pulang dari karantina di Natuna.

"Tidak perlu lagi dilakukan pemeriksaan ulang karena mereka yang datang itu sudah sehat," katanya di sela melakukan penyambutan warga Jatim dari Natuna di VIP Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya, Sabtu (15/2).

Ia mengatakan, setelah melalui pemeriksaan dari Kementerian Kesehatan maka pihaknya tidak perlu lagi melakukan pemeriksaan ulang saat datang di Bandara Internasional Juanda Surabaya.

"Tidak ada pemeriksaan, ini kami tidak mengenakan masker, termasuk yang datang sudah tidak perlu mengenakan masker," katanya.

Pada penyambutan itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Herlin Ferliana berpesan supaya mereka yang datang dari Natuna tidak diperlakukan berbeda atau dikucilkan.

"Termasuk mengenakan masker, karena bisa membuat perubahan psikologis mereka," katanya.

Jika memang ada perubahan psikologis dan memerlukan pendampingan, kata dia, pihaknya siap untuk memberikan bantuan seorang psikolog.

"Hal tersebut diberikan secara gratis dari pemerintah jika memang dibutuhkan," katanya.

Sementara itu, tangis haru bahagia juga tampak mewarnai penyambutan keluarga yang baru datang dari karantina di Natuna.

Sambil menggendong boneka, Diani tak bisa menutupi raut muka bahagia saat bertemu dengan kedua adik dan juga orang tuanya.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Jokowi, Ibu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, masyarakat Natuna, pihak kampus dan juga masyarakat telah membantu kami hingga bertemu keluarga," katanya.

Puluhan orang yang hadir di VIP Terminal 1 Bandara Internasional Juanda Surabaya dijamu oleh Pemprov Jatim untuk makan bersama. Selain itu, sajian buah durian juga tampak mewarnai hidangan yang disajikan dalam penyambutan itu.

Sebelumnya, sebanyak 65 warga Jawa Timur yang telah menjalani masa karantina selama 14 hari di Natuna, Kepulauan Riau. Mereka diperbolehkan kembali ke daerah masing-masing karena sudah dinyatakan sehat oleh Kementerian Kesehatan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE