RS khusus di Pulau Galang tidak hanya untuk pasien COVID-19

id rumah sakit pulau galang,rumah sakit corona,covid-19

RS khusus di Pulau Galang tidak hanya untuk pasien COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Riau Tjetjep Yudiana menjelaskan bahwa rumah sakit khusus yang akan dibangun di Pulau Galang bukan hanya untuk menangani pasien COVID-19. (ANTARA/Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Rumah sakit khusus yang akan dibangun pemerintah di Pulau Galang, Batam, tidak hanya untuk menangani pasien COVID-19, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana.

"Tidak benar rumah sakit yang akan dibangun di Galang itu hanya khusus untuk menangani penderita COVID-19. Yang benar itu, seluruh penyakit yang disebabkan virus atau bakteri," katanya saat dihubungi dari Tanjungpinang, Rabu.

Tjetjep menyatakan rumah sakit itu dibutuhkan untuk menangani pasien penderita penyakit menular yang membutuhkan penanganan khusus, termasuk pasien dengan penyakit tuberkulosis dan HIV/AIDS.

"Sebenarnya bukan hanya untuk COVID-19, melainkan juga penyakit lainnya yang tidak kalah penting untuk ditangani secara khusus," katanya.

"Jumlah penderita TBC di Kepri cukup banyak sehingga perlu penanganan khusus di rumah sakit khusus sehingga pasien lainnya yang daya tahan tubuhnya lemah tidak tertular," ia menambahkan.

Menurut dia, pada Rabu pagi rombongan dari pemerintah pusat dijadwalkan meninjau meninjau lokasi pembangunan rumah sakit di Pulau Galang.

"Pemerintah memilih Galang untuk pembangunan rumah sakit tentu dengan berbagai pertimbangan yang matang. Bagi Pemprov Kepri ini adalah kabar baik," katanya.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE