Kondisi rumah sakit bekas Camp Vietnam rusak berat

id Camp vietnam, virus corona, rumah sakit corona batam

Kondisi rumah sakit bekas Camp Vietnam rusak berat

Kondisi rumah sakit di komplek Ex-Camp Vietnam di Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau. (ANTARA/Naim)

Batam (ANTARA) - Rumah sakit ex-Camp Vietnam di Pulau Galang Kota Batam yang rencananya akan dijadikan rumah sakit khusus tempat observasi penyakit menular seperti COVID-19, kini masih dalam kondisi rusak berat.

"Kondisi sekarang rusak berat. Tidak layak pakai," kata Kepala Museum Ex-Camp Vietnam, Said Adnan di Batam, Kepri, Rabu.

Dia menjelaskan, banyak dinding, langit-langit hingga atap yang sudah roboh. Tidak bisa langsung digunakan.

Baca juga: Kepri dukung rumah sakit infeksi di Pulau Galang

Catnya juga mengelupas, berlumut. Nyaris tidak ada tanda-tanda bangunan berbentuk huruf U itu sempat menjadi rumah sakit besar. Kecuali tanda palang merah yang masih nampak jelas di satu sisi bangunan.

Adnan mengatakan, rumah sakit yang melayani pengungsi asal Vietnam sejak 1980-1996 itu sejatinya memiliki fasilitas yang lengkap, saat masih beroperasi dulu.

"Fasilitas layaknya rumah sakit, ada ruang operasi, laboratorium, radiologi dan ruang melahirkan," kata dia.

Ruang rawat inapnya bisa menampung sekitar 150 pasien. Selain itu, di rumah sakit seluas 4 hektare itu juga terdapat ruang instalasi gawat darurat.

"Kalau mau dipakai, harus direnovasi dulu," kata dia yang ikut menjelaskan kondisi Ex-Camp Vietnam kepada Menteri PUPR dan Panglima TNI yang meninjau lokasi itu.

Baca juga: RS khusus di Pulau Galang tidak hanya untuk pasien COVID-19
Kondisi rumah sakit di komplek Ex-Camp Vietnam di Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau. (Naim)

Meski begitu, infrastruktur listrik dan air di sana relatif memadai.

Terdapat sebuah kolam tampung air, seluas 20 x 30 meter, dengan kedalaman sekitar 3 meter, untuk memenuhi kebutuhan air.

Kemudian, untuk listrik, saat ini sudah menyala 24 jam, dialiri PLN Bright Batam.



"Listrik baru 2 bulan ini Bright (PLN Batam). Sebelumnya genset," kata dia.

Ia mengatakan, berdasarkan penjelasan dari Menteri dan Panglima, rencananya rumah sakit yang lama akan direhabilitasi. Kemudian akan dibangun ruang tambahan.

"Wacananya, akan dicari lahan kosong di sekitar, yang bisa menampung 1.000 orang pasien. Rumah sakit yang lama akan diperbaiki," kata dia.

Sedangkan situs lain di sekitar camp, akan dipertahankan.

Sementara itu, dalam kunjungannya ke Batam, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan rencananya, pemerintah akan merehabilitasi rumah sakit di Ex-Camp Vietnam di Pulau Galang sebagai tempat observasi maupun tempat menyembuhkan apabila ada WNI terinfeksi COVID-19.

"Selain kita juga kita memiliki tempat observasi yang ada di Natuna, Pulau Galang ini adalah yang kita rencana pilih untuk membangun rumah sakit tersebut," kata dia.

Rencananya rumah sakit akan berkapasitas sekitar 1.000 pasien.

Selain itu, juga akan disiapkan ruang isolasi sesuai dengan aturan kesehatan, yaitu 2 persen dari kapasitas atau sekitar 50 kamar.

Rumah sakit juga akan dibuat sesuai dengan protokol kesehatan WHO.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat apabila sudah direncanakan dengan baik akan berdiri rumah sakit untuk penyakit menular di Pulau Galang," kata dia.

Ex-Camp Vietnam dipilih sebagai rumah sakit karena lokasinya yang relatif dekat dengan Bandara Hang Nadim Batam, yang dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 15 menit.

Bandara Hang Nadim Batam juga bisa didarati pesawat kecil dan pesawat berbadan lebar.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE