Giliran Brasil minta Olimpiade Tokyo diundur ke 2021

id Olimpiade Tokyo,Olimpiade 2020,COVID-19,virus corona

Giliran Brasil minta Olimpiade Tokyo diundur ke 2021

Seorang anak berpose untuk foto dengan cincin Olimpiade di depan Museum Olimpiade Jepang di Tokyo, Jepang, Senin (17/2/2020). REUTERS/Athit Perawongmetha/wsj/cfo (REUTERS/ATHIT PERAWONGMETHA)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Brasil (COB), Sabtu waktu setempat, menyerukan penundaan Olimpiade Tokyo tahun ini dan meminta dimundurkan satu tahun dengan tanggal yang sama pada 2021.

Para atlet mengkhawatirkan bisa tetap bugar dan bisa tampil pada event-event kualifikasi dan kompetisi-kompetisi lainnya menjelang Olimpiade ini dari 24 Juli sampai 9 Agustus.

"Sebagai seorang mantan judoka dan pelatih cabang olah raga ini, saya tahu impian semua atlet adalah tampil pada puncaknya di Olimpiade," kata Presiden COB Paulo Wanderley seperti dikutip Reuters, Minggu.

"Sudah jelas bahwa untuk saat ini mempertahankan Olimpiade agar tetap diadakan tahun ini akan menghalangi mimpi ini benar-benar terwujud."

Baca juga: Norwegia minta Olimpiade Tokyo ditunda hingga pandemi COVID-19 terkendali

COB menekankan masih percaya penuh kepada IOC namun menangguhkan adalah solusi terbaik.

"IOC sudah melewati masalah-masalah besar sebelum ini, dengan episode-episode berakhir pada pembatalan Olimpiade 1916 dan 1940 serta 1944, karena perang dunia, dan boikot Olimpiade Moskow 1980 dan Los Angeles 1984," kata Wanderley dalam pernyataan yang disiarkan laman COB.

"Mereka sudah tahu bagaimana mengatasi hambatan-hambatan ini dan api Olimpiade lebih kuat lagi."

Brasil menjadi tuan rumah Olimpiade Rio de Janeiro pada 2016.

Negara Amerika Selatan ini mencatat penampilan terbaik sepanjang sejarahnya dengan menempati peringkat ke-13 setelah mengumpulkan tujuh emas, enam perak, dan enam perunggu.

Badan atletik Amerika Serikat, United States Track and Field, sudah menyerukan penundaan Olimpiade Tokyo.

Baca juga: IOC didesak tinjau Olimpiade Tokyo di tengah pandemi COVID-19
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE