Bupati Natuna mengajak semua pihak bersama meningkatkan ekonomi daerah

id natuna, bioatinatuna

Bupati Natuna mengajak semua pihak bersama meningkatkan ekonomi daerah

Foto: Bertempat di Ruang Rapat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, rabu (18/03) siang digelar Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Natuna. Foto ANTARA/HO/Humas Natuna/Cherman

Upaya pengembangan ekonomi daerah bukan hanya tugas pemerintah daerah perlu sinergi dengan berbagai pihak diantaranya pelaku usaha dalam aktivitas ekonomi daerah
Natuna (ANTARA) - Bupati Natuna, Abdul Hamd Rizal menghimbau semua pihak membantu pemerimtah daerah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pada sektor usaha dan bisnis.


"Upaya pengembangan ekonomi daerah bukan hanya tugas pemerintah daerah semata, melainkan harus pula membangun sinergi dengan berbagai lembaga maupun organisasi, diantaranya organisasi yang mengakomodir pelaku usaha dalam aktivitas ekonomi daerah," kata Bupati Natuna, Hamid Rizal di Ruang Rapat Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Natuna, Rabu (18/3) dalam kegiatan Pelantikan Pengurus Kamar Dagang dan Industri Kabupaten Natuna.


Oleh karenanya, Hamid Rizal mengharapkan dukungan dan kontribusi nyata dari berbagai pihak termasuk Kadin Kabupaten Natuna dapat membangun hubungan baik dalam sebuah misi, yakni upaya mengembangkan peran serta para pelaku usaha dalam memaksimalkan potensi daerah menjadi bernilai ekonomi, yang akan berdampak pula pada meningkatnya geliat ekonomi daerah.


Hamid Rizal juga menyadari bahwa saat ini terdapat berbagai hambatan terutama yang dihadapi oleh para pelaku Usaha Makro Kecil Menengah, untuk itu diharapkan agar para Pengurus Kadin Kabupaten Natuna dapat membantu melakukan analisa, melakukan pendekatan serta mewujudkan solusi produktif, sehingga kedepan pelaku UMKM dapat terus melakukan pengembangan usaha secara mandiri.



Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Johnny Waas menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus Kadin yang baru dilantik, yang diketuai oleh Saudara Zahardin dan kawan-kawan.


Selanjutnya dirinya berharap pengurus yang baru dilantik dapat segera melakukan penguatan kelembagaan serta menetapkan arah kebijakan bagi mendukung pertumbuhan usaha UMKM daerah, memanfaatkan potensi daerah secara bijak serta menjadi pelopor perubahan peningkatan ekonomi daerah.


Selain itu Ketua Umum Kadin Kepri, Alfian Suhairi juga menyampaikan hal senada, dimana Kadin benar-benar diharapkan mampu menjadi solusi berbagai hambatan pengembangan UMKM daerah sebagai bentuk kontribusi daerah dalam peningkatan ekonomi masyarakat.


Selain itu, Alfian juga mengharapkan agar Kadin juga dapat menjadi media bersama dalam menumbuhkan rasa nasionalisme, mewujudkan konsumen yang bijak dengan mencintai produk dalam negeri.


Menanggapi upaya pemerinrah tersebut, para pedagang kecil menengah dan UMKM di Natuna menyambut baik atas himbauan Bupati Natuna agar tumbuh semangat bersama dalam meningkatkan ekonomi di tengah kondisi ekonomi melemah dewasa ini.


"Tiga bulan terakhir ekonomi semakin terjun bebas, kita kewalahan bayar tunggakan di bank, saat ini saya harus mengembalikan pinjaman di bank 11 juta setiap bulan, sementara daya beli masyarakat tutun drastis, harus ada tindakan nyata dari semua pihak," kata Budi pemilik usaha rental mobil dan motor serta pemilik warung sembako di Jalan Sudirman, Ranai, Natuna, Senin (23/3)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE