Dinkes himbau OPD Natuna buat disinfektan secara mandiri

id Natuna, COVID-19, bupati natuna, sekda natuna, wakil bupati natuna

Dinkes himbau OPD Natuna buat disinfektan secara mandiri

Tim kesehatan saat menunjukan kepada Bupati Natuna, Wakil Bupati, Sekda dan Kapolres Natuna cara membuat cairan disinfektan dengan bahan sederhana dari diterjen lantai dan pemutih pakaian di halaman Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Ranai, Natuna, Senin (23/3). (Antara Kepri/ Cherman)

Ranai, Natuna (ANTARA) - Mencegah penularan COVID-19, Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna mengadakan sosialisasi terhadap jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  dalam pembuatan disinfektan dari bahan sederhana dan mudah didapat seperti bahan pembersih lantai, sekaligus dilakukannya penyemprotan disinfektan di Kantor Bupati Natuna, Senin (23/3).

"Ini kita coba sosialisasi tentang cara pembuatan cairan disinfektan, agar nanti kita bisa membuat di rumah maisng-masing dengan cara yang sederhana" kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Rizal Rinaldy.


Selain sosialisasi pembuatan disinfektan menggunakan bahan sederhana dan bahan yang mudah didapat, kepada jajaran OPD, sosialisasi tersebut juga dibekali pengetahuan tindakan disinfeksi secara benar dan efektif terhadap ruang dan permukaan barang yang sering tersentuh orang banyak. 

Ia juga mengatakan, sosialisasi diberikan kepada OPD di lingkungan Kantor Bupati karena adanya permintaan dari para pimpinan OPD agar lingkungan kerja mereka terhindar dari wabah Virus Corona.

"Sudah banyak yang bertanya, kapan dilakukan sosialisasi, sekaligus penyemprotan disinfektan dan segala macam, hari ini kita lakukan," kata Rinaldy. 

Selain OPD, Ia juga menghimbau masyarakat untuk melakukan hal yang sama dilingkungan masing-masing.

"Berhubung disinfektan kini mulai langka, masyarakat diharapkan dapat membuatnya sendiri dirumah masing-masing dengan menggunakan bahan yang sederhana," pungkasnya. 

Ia juga menginagatkan, bagi yang tidak mendapatkan disinfektan di toko-toko kimia tidak perlu khawatir, karena sekarang bisa membuatnya sendiri di rumah. 

"Bahan-bahannya pun mudah di peroleh" ujarnya.

Pembuatan disinfektan cukup menggunakan bahan sederhana diantaranya adalah bahan pembersih lantai dan pemutih pakaian.

"Caranya adalah, campurkan satu liter air dengan dua tutup botol pembersih lantai dan pemutih pakaian tersebut, lalu masukan dalam sebuah botol seperti botol pewangi pakaian atau yang menyerupai dan langsung bisa di semprot," kata Ivan tenaga kesehatan saat memperagakan cara membuat disinfektan dihadapan Bupati Natuna, Hamid Rizal.

Lanjutnya memeringatkan agar tidak mengaduk dengan tangan, melainkan dapat menggunakan kayu atau sendok, untuk menghindari iritasi. 

Selanjutnya, Ia berharap semua peserta sosialisasi diharapkan untuk dapat segera membuat dan menyemprotkan disinfektan tersebut pada ruang publik yang sering disentuh banyak orang, seperti pegangan pintu kantor, rumah, ruangan kerja, pintu mobil, dan lainnnya.  

Usai praktek pembuatan bahan disinfektan, langsung penyemprotan cairan tersebut pada ruangan-ruangan Kantor Bupati yang diikuti langsung oleh Bupati Natuna  didampingi Wakil Bupati, Sekda, Kapolres Natuna, Kepala Dinas Kesehatan.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE