Penundaan Liga Champions diperpanjang, Europa ke Juli dan Agustus

id Liga Champions,LigaEuropa,UEFA,COVID-19,virus corona

Penundaan Liga Champions diperpanjang, Europa ke Juli dan Agustus

Seorang pria mengambil gambar trofi Liga Champions Eropa pada 28 Februari 2020 di Nyon. ANTARA/AFP/Fabrice Coffrini/pri. (ANTARA/AFP/Fabrice Coffrini)

Jakarta (ANTARA) - Badan sepak bola Eropa UEFA dikabarkan memutuskan untuk menunda sisa pertandingan Liga Champions dan Liga Europa musim 2019/2020.

Dua kompetisi klub tertinggi Eropa tersebut diperkirakan bisa kembali dilanjutkan pada Juli serta Agustus mendatang karena pandemi virus corona.

Menurut laporan media Jerman ZDF yang dilansir Daily Mail pada Rabu (01/4), keputusan itu dibuat UEFA setelah melakukan konferensi jarak jauh dengan 55 negara anggota mereka.

Sebelumnya, UEFA telah berkomitmen untuk menyelesaikan kompetisi pada Juni. Namun, hasil rapat itu mematahkan prediksi kompetisi di negara-negara Eropa akan 'dihentikan' karena wabah COVID-19.

Baca juga: Piala Eropa 2020 ditunda sampai 2021

Baca juga: UEFA akan tunda kejuaraan Euro 2020 karena virus corona


UEFA kini lebih mengedepankan kepentingan domestik, maka kompetisi antarklub Eropa itu harus sedikit dikorbankan dengan digeser ke bulan Juli dan Agustus.

Sebagian besar pertandingan Liga Champions saat ini sudah melewati babak 16 besar, tetapi masih ada beberapa laga yang masih harus menjalani leg kedua.

Sedangkan sebagian besar Liga Europa baru memainkan leg pertama babak 16 besar dan hanya dua laga yang belum digelar.

Penundaan kompetisi domestik dan Liga Champions serta Liga Europa ini juga mengorbankan jadwal pertandingan persahabatan yang direncanakan FIFA pada Juni.

Meski melanjutkan Liga Champions dan Liga Europa pada Juli serta Agustus mendatang, UEFA kemungkinan besar akan tetap menggelar pertandingan tanpa adanya penonton di dua turnamen tersebut, menurut laporan Independent.

Penundaan Liga Champions dan Liga Europa tersebut juga memunculkan masalah baru karena banyak pemain yang kontraknya habis pada akhir Juni nanti.

Baca juga: Man City sebut hukuman UEFA berdasar tuduhan keliru dan bernuansa politis
 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar